|

Konsumsi Ikan untuk Cegah Stunting

Ketua TP-PKK Provinsi Sumut, Hj Nawal Lubis, menegaskan pentingnya mengonsumsi ikan untuk mencegah stunting, dalam Safari Gemarikan di Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Rabu (07/09/2022). Foto Ist 

Tanjungbalai- Ketua TP-PKK Provinsi Suatera Utara (Sumut), Hj Nawal Lubis mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap mengonsumsi ikan yang kaya akan protein dan gizi karena mampu mencegah stunting (penyakit kekurangan gizi, red) pada anak-anak.

"Ayo tetap makan ikan, dan jangan pernah bosan makan ikan," imbaunya saat hadir pada acara Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Pelataran Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Rabu (07/09/2022).

Pada kesempatan itu, Hj Nawal Lubis mengapresiasi prevalensi stunting di Kota Tanjungbalai yang sudah berada di angka 17%. Menurutnya, hal tersebut masih dapat dimaksimalkan lagi melalui kampanye Gemarikan dan memperkuat koordinasi dengan Forkopimda (Forum komunikasi pimpinan daerah, red) setempat.

Selain faktor makanan sehat, kata Hj Nawal Lubis, stunting juga bisa dicegah dengan memerhatikan sanitasi yang baik, serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh pihak untuk mengedukasi masyarakat mengenai sanitasi dan PHBS.

Kehadiran Ketua TPKK Provinsi Sumut dalam kegiatan Gemarikan tersebut disambut positif Wali Kota Tanjungbalai, Waris. Ia berharap, hal tersebut dapat mendorong warganya untuk semakin gemar memakan ikan dan mencegah stunting.

Dikemukakannya, Kota Tanjungbalai bisa menghasilkan 200 ton ikan setiap hari dari 10 ribu nelayan. Namun dengan jumlah kapal 1.500 dan 958 gudang, Kota Tanjungbalai belum memiliki Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

“Kami mengharapkan adanya dukungan pembangunan TPI dari Pemprov Sumatera Utara, sehingga bisa menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah, red) Kota Tanjungbalai,” ujarnya.

Waris menyatakan, Gemarikan merupakan kegiatan sosialisasi agar masyarakat semakin gemar memakan ikan. Kegiatan tersebut diisi dengan edukasi makan ikan hingga pameran produk olahan dari ikan, seperti nugget, bakso, perkedel dan lainnya. Van

Komentar

Berita Terkini