|

Kader PKK Humbahas Gelar Jambore di Geosite Sipinsur

Ketua TP PKK Kabupaten Humbahas, Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, mendapatkan tarian selamat datang saat memasuki lokasi Jambore PKK Humbahas tahun 2022 di Geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Sabtu (10/09/2022). Foto Ist

Doloksanggul- Ratusan kader PKK dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas) mengikuti kegiatan Jambore PKK tahun 2022 di obyek wisata Geosite Sipinsur, Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Sabtu (10/09/2022). 

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Humbahas, Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, menyatakan, PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah. 

"Pengelolaannya untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, lahir dan bathin," ungkapnya. 

Ia mengemukakan Jambore PKK bertujuan merekatkan kebersamaan antar kader, pengurus serta pemerintah daerah, termasuk agar saling mengenal, bertukar informasi pengetahuan dan program kegiatan. Ditambahkannya, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kualitas kader PKK dalam melaksanakan 10 program pokok PKK, yaitu penghayatan dan pengalaman pancasila, gotong-royong, pangan, sandang, perumahan dan tatalaksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. 

Lidia menilai, kegiatan Jambore PKK tahun 2022 menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan tanggungjawab bersama dalam menciptakan visi Pemkab Humbahas.  Untuk itu, para kader PKK, mulai tingkat dasawisma, desa/kelurahan, kecamatan hingga kabupaten, agar bergandengan tangan membangun Humbang Hasundutan. 

"Kekuatan PKK dahsyat karena bisa bicara sampai level yang sangat kecil yaitu keluarga," tegasnya dihadapan Wakil Ketua TP PKK Humbahas, Erma Oloan Paniaran Nababan, Kepala Desa Pearung, Hisar B Siregar ST dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, dilakukan pelantikan pengurus TP PKK Kabupaten. Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, diwakili Sekdakab, Drs Tonny Sihombing mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan pengurus TP PKK Humbahas. 

"Bagi pengurus TP PKK, hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup," imbaunya. 

Tonny Sihombing mengklaim, pihak TP PKK telah memberikan sumbangan pemikiran dalam proses pembangunan di Humbahas. Apalagi, peran PKK menyentuh hingga ke unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga. 

"Ini membutuhkan kerja keras, kekompakan dan keberanian untuk mencapainya," tukasnya. 

Ia berharap, melalui kegiatan ini, TP PKK baik kabupaten, kecamatan dan desa mampu menyusun rencana aksi dalam akselerasi program dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. 

"Mari kita melaksanakan inovasi program sesuai dengan kebutuhan daerah," ujarnya. 

Sejumlah produk yang dipajang di salah satu stan dinilai juri untuk memeriahkan Jambore PKK Kabupaten Humbahas tahun 2022 di Geosite Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan, Sabtu (10/09/2022). Foto Ist

Kepada para camat yang desanya telah terpilih sebagai wakil Kabupaten Humbahas di tingkat provinsi, Tonny Sihombing, mengingatkan agar lebih giat menggalakkan budaya gotong-royong. Hal ini mengingat, melalui gotong-royong dan partisipasi masyarakat desa, maka percepatan pembangunan di pedesaan akan dapat terwujud menuju 'Humbanghasundutan yang Hebat dan Bermentalitas Unggul'. 

"Saat ini, Kabupaten Humbanghasundutan sedang menggalakkan program pemerintah pusat dalam bidang pertanian, khususnya dalam memenuhi pangan dan komoditas lainnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga membutuhkan peran aktif dari masyarakat," tuturnya.

Berdasarkan informasi, sebanyak enam perlombaan digelar dalam memeriahkan kegiatan Jambore PKK Kabupaten Humbahas tahun 2022 dengan hadiah dan uang pembinaan untuk para pemenang. Pada Lomba Makanan Pokok dan Snack untuk bayi stunting, juara 1 diraih dari Kecamatan Lintongnihuta, disusul Kecamatan Tarabintang dan Paranginan. Sementara, tiga kecamatan lainnya tampil sebagai juara Harapan, masing-masing Baktiraja, Parlilitan dan Doloksanggul. 

Dalam Lomba Baduta (anak usia di bawah dua tahun, red) Sehat, juara pertama dari perwakilan Kecamatan Pakkat, disuusul Kecamatan Onanganjang dan Doloksanggul. Wakil dari Kecamatan Pollung, Baktiraja dan Sijamapolang, tampil sebagai Juara Harapan. Begitu juga Lomba Jingle Paaredi (pola asuh anak remaja di era digital, red), tampil perwakilan dari Kecamatan Pollung sebagai juara pertama, disusul Kecamatan Tarabintang dan Onanganjang. Wakil dari Kecamatan Doloksanggul, Baktiraja dan Pakkat, berada pada posisi Juara Harapan. 

Khusus Lomba Inovasi Hasil Pertanian yang sumbernya dari andaliman, bawah merah, kentang dan jagung, perwakilan dari Kecamatan Doloksanggul tampil sebagai juara pertama, disusul Kecamatan Paranginan dan Baktiraja. Posisi Juara Harapan, ditempati wakil dari Kecamatan Lintongnihuta, Pollung dan Pakkat. Perwakilan dari Kecamatan Doloksanggul juga menguasai Lomba Yel-yel dan Penyuluhan Dasawisma dengan menduduki peringkat pertama, disusul Kecamatan Sijamapolang dan Baktiraja. Dalam perlombaan ini, perwakilan dari Kecamatan Pollung, Lintongnihuta dan Tarabintang, harus puas meraih Juara Harapan.

Terakhir, Lomba Fashion Show Wastra Humbang Hasundutan diraih perwakilan dari Kecamatan Lintongnihuta, disusul Kecamatan Doloksanggul dan Pollung. Sebagai Juara Harapan, tampil perwakilan dari Kecamatan Sijamapolang, Parlilitan dan Pakkat. Fey

Komentar

Berita Terkini