|

BIH Arse Sipirok Siap Distribusikan 3.000 Batang Bibit Cabai Merah

Sebanyak 3.000 batang bibit cabai merah dalam polibag yang diperbanyak pihak pengelola UPT BIH Arse Sipirok siap didistribusikan ke masyarakat, Jumat (30/09/2022) pagi. Foto ist

Sipirok- Sebanyak 3.000 batang bibit cabai merah dalam polibag yang diperbanyak pihak pengelola Unit Pelaksana Teknis (UPT) Benih Induk Hortikultura Arse Sipirok siap didistribusikan ke masyarakat. Hal itu dalam upaya mendukung imbauan Gubsu Edy Rahmayadi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bertanam cabai merah di halaman rumah masing-masing.

“Sebanyak tiga ribu batang bibit cabai merah siap kita distribusikan,” tegas Kepala UPT BIH Arse Sipirok, Juswardi Ritonga, melalui telepon selulernya, Jumat (30/09/2022) pagi.

Ia mengakui, perbanyakan bibit cabai merah itu berdasarkan instruksi dari Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Hj Lusyantini, sebelumnya. Nantinya, kata Juswardi, bibit cabai merah hasil perbanyakan pihak BIH Arse itu untuk memenuhi kebutuhan para ASN di jajaran Pemprov Sumut yang berkantor di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan dan sekitarnya.

“Kita selalu siap mendukung program dan kebijakan Bapak Gubernur Edy Rahmayadi, di bidang pertanian, khususnya penyediaan bibit tanaman hortikultura, melalui arahan dari Ibu Plt Kadis TPH Sumatera Utara,” ungkapnya.

Plh Kepala UPT Aneka Umbi di Tapanuli Selatan, Ridwan Pulungan, menjelaskan kepada Kasubbag Uum Dinas TPH Sumut, Syarifuddin Siregar, seputar perbanyakan bibit cabai merah dalam polibag, Kamis (29/09/2022) siang. Foto Fey 

Hal senada dikemukakan Plh Kepala UPT Aneka Umbi di Kabupaten Tapanuli Selatan, Ridwan Pulungan, saat ditemui di ruang kerjanya, kawasan Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Padangsidimpuan, Kamis (29/09/2022) siang. Kendati tidak ada instruksi untuk memperbanyak bibit cabai merah, namun para personilnya telah bertanam cabai merah di halaman rumah mereka masing-masing.

“Sebelum ada imbauan dari Bapak Gubernur Edy Rahmayadi agar setiap ASN bertanam cabai merah di halaman rumah masing-masing, kita sudah menanamnya,” ujarnya saat menerima kunjungan Kasubbag Umum Dinas TPH Sumut, Syarifuddin Siregar, yang hendak melakukan kegiatan pembinaan ASN jajaran Dinas TPH Sumut di wilayah Kabupaten Tapsel.

Tidak hanya itu, Ridwan Pulungan mengklaim, telah menyiapkan puluhan polibag bibit cabai merah dan cabai rawit di UPT Aneka Umbi untuk memenuhi permintaan masyarakat.

“Meski tidak ada instruksi dari Ibu Plt Kadis TPH Sumatera Utara, tapi kita tetap melakukan perbanyakan bibit cabai merah dalam polibag,” tukasnya.

Secara terpisah, Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini, menyambut positif upaya yang dilakukan para pengelola UPT di jajarannya. 

“Itu yang seharusnya dimiliki setiap pengelola UPT, mampu berinovasi dan melahirkan gagasan cerdas agar keberadaan UPT dimaksud bisa semakin disukai masyarakat petani setempat,” tutur Lusyantini melalui telepon selulernya.

Ia berharap, kegiatan bertanam cabai merah di halaman rumah setiap ASN tidak sekadar seremoni belaka. Bahkan, Lusyantini, menganjurkan para ASN, khususnya di jajaran Dinas TPH Sumut, untuk menambah koleksi tanamannya dengan komoditas hortikultura lainnya.

“Bila ada tanaman hortikultura, termasuk sayur-mayur di setiap rumah ASN, kita tidak perlu lagi khawatir akan ketersediaan pangan untuk keluarga,” tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini