|

Ribuan Bibit Kelengkeng dan Manggis Dibagikan ke Petani Sumut

Plt Kadis TPH Sumut, Hj Lusyantini (jilbab merah), hadir saat penyerahan bantuan bibit manggis secara simbolis kepada poktan penerima di Kabupaten Tapanuli Selatan, beberapa waktu lalu. Foto Ist 

Medan- Pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumatera Utara (Sumut) membagikan ribuan bibit kelengkeng dan manggis kepada sejumlah anggota kelompok tani (poktan).

Menurut Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Mohd Adli Putra SP MSi, bantuan tersebut bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2022. Dirincikannya, bantuan bibit kelengkeng varietas Kateki sebanyak 2.000 batang tersebut dibagikan bersama 72 ton pupuk organik. Sementara, bibit manggis varietas Kaligesing sebanyak 3.000 batang dibagikan bersama 55,5 ton pupuk organik.

"Bantuan bibit kelengkeng dan bibit manggis berikut pupuk organiknya sudah selesai kita distribusikan ke sejumlah kelompok tani penerima di beberapa kabupaten di Sumatera Utara," ungkapnya melalui telepon seluler, Minggu (21/08/2022) siang.

Ia mengemukakan, terdapat dua poktan di Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deliserdang yang menerima bantuan bibit kelengkeng berikut pupuk organiknya. Dua poktan dimaksud, yakni Poktan Sepakat Desa Liang Muda dan Poktan Arih Ersada Desa Liang Pematang. Masing-masing poktan, kata Adli, menerima 1.000 batang bibit kelengkeng dan 36 ton pupuk organik.

Begitu juga bantuan bibit manggis berikut pupuk organiknya, pihak Dinas TPH Sumut mendistribusikannya kepada tiga poktan di Kabupaten Tapanuli Selatan. Disebutkannya, Poktan Maju Bersama Desa Sarogodung Kecamatan Sipirok, Poktan Jaya Tani Desa Paran Padang Kecamatan Sipirok, dan Kelompok Wanita Tani Bersatu Desa Aek Sabaon Kecamatan Marancar. 

"Masing-masing kelompok tani menerima bantuan 1.000 batang bibit manggis dan 18,5 ton pupuk organik," tutur Adli.

Saat dikonfirmasi seputar pendistribusian bibit tersebut, Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, membenarkannya.

"Setiap tahun, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara memang rutin mendistribusikan bantuan beragam benih dan bibit berikut pupuk organik kepada sejumlah anggota kelompok tani di berbagai kabupaten," ujar Hj Lusyantini via telepon selulernya.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan para anggota poktan penerima untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya. 

"Mohon tanam, rawat dan jaga bantuan yang sudah diterima agar bisa memberikan hasil panen memadai untuk peningkatan kesejahteraan keluarga petani," imbaunya.

Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Mohd Adli Putra SP MSi (tiga dari kanan) foto bersama dengan anggota poktan penerima bantuan di Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deliserdang, beberapa waktu lalu. Foto Ist

Lusyantini mengklaim, beragam bantuan yang telah diberikan pemerintah, baik pusat maupun daerah, melalui Dinas TPH Sumut, menjadi salah satu bukti kepedulian terhadap sektor pertanian, khususnya tanaman pangan dan hortikultura.

"Bapak Gubernur Sumatera Utara juga menempatkan sektor pertanian dalam program skala prioritas pembangunan di provinsi kita ini," tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini