|

Anak Investasi Masa Depan

Ketua TP PKK Humbahas, Lidia Kristina Panjaitan, menyerahkan sertifikat kepada Gabriel Hagiosta Togatorop yang menjadi pemenang kedua kategori Lomba Penyanyi Solo tingkat Provinsi Sumut pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) secara daring 21-27 Agustus 2021, pada peringatan HAN tahun 2022 Kabupaten Humbahas di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (23/08/2022). Foto Ist.

Doloksanggul- Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE, menegaskan anak merupakan investasi masa depan, sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya. Hal itu dikemukakannya, melalui Sekdakab Humbahas, Drs Tonny Sihombing, saat hadir dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Kabupaten Humbahas tahun 2022 di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (23/08/2022). 

"Keberadaan anak-anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian serius dengan memberikan perlindungan demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera," paparnya pada kegiatan bertajuk 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju' yang dihadiri Ketua TP PKK Humbahas, Lidia Kristina Panjaitan, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, para Camat, pengurus Dharma Wanita serta pelajar PAUD dan SD. 

Ia menyatakan, peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin hak anak atas hak hidup. Tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Kemudian, lanjutnya, anak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. 

Ditambahkan, pelaksanaan HAN tahun 2022 sudah mulai memasuki pasca pandemi. Berdasarkan hal itu, terjadi perubahan dalam pola kehidupan anak, sehingga mengalami berbagai persoalan, antara lain penyesuaian kembali anak dalam kehidupan bermasyarakat, belajar dan pemanfaatan waktu luang dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan. 

"Kegiatan ini sangat penting bagi pemenuhan anak-anak, menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya serta mendukung pastisipasi anak," sebut Tonny Sihombing membacakan sambutan Bupati Humbahas. 

Sementara, Ketua TP PKK Humbahas, Lidia Kristina Panjaitan, menjelaskan, tema HAN 2022 sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan peringatan HAN. Selain itu, memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus pasca pandemi Covid-19. 

“Karakter anak akan terbentuk semenjak usia dini, sehingga orangtua harus selalu memperhatikan tumbuh kembang anak, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental anak,” imbau Lidia Kristina Panjaitan.

Pada kesempatan itu, dibagikan hadiah untuk para pemenang lomba dan festival yang telah digelar sebelumnya. Untuk Lomba Tangkap Ikan tingkat PAUD, juara pertama diraih perwakilan dari Kecamatan Lintongnihuta, disusul perwakilan Kecamatan Pollung dan Kecamatan Sijamapolang. Sebagai juara Harapan ditempati Kecamatan Paranginan, Pakkat dan Baktiraja.  

Begitu juga pemenang Lomba Menggambar bentuk poster, diraih Kecamatan Baktiraja, disusul Paranginan dan Doloksanggul. Tiga juara harapan berasal dari Kecamatan Lintongnihuta, Pakkat dan Pollung. Kemudian, pemenang Lomba Cipta dan Baca Puisi diraih Kecamatan Doloksanggul, disusul Kecamatan Pakkat dan Kecamatan Baktiraja. Tiga kecamatan, yakni Onan Ganjang, Paranginan dan Pollung, meraih juara harapan dalam Lomba Cipta dan Baca Puisi.

Khusus Tortor tari kreasi anak, tampil sebagai juara dari Kecamatan Doloksanggul, Pakkat dan Parlilitan. Juara harapan ditempati Kecamatan Baktiraja dan Onan Ganjang. Terakhir, pemenang Lomba Gitar diraih perwakilan Kecamatan Lintongnihuta, Paranginan dan Doloksanggul. Kecamatan Pollung, Sijampolang dan Pakkat meraih juara harapan.

Sejumlah kegiatan turut meramaikan peringatan HAN tahun 2022 di Kabupaten Humbahas. Beberapa diantaranya seperti Festival Matematika Gasing, demo membatik, fashion Show pelajar Sekolah Luar Biasa Doloksanggul, serta tarian yang dibawakan Winda Sianturi, Yasinta Lumbangaol, Rela Pakpahan, Oris Simamora dan Sonya Lumbangaol, dari Sanggar Seni Tongging.

Ketua TP PKK Humbahas juga menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Gabriel Hagiosta Togatorop asal SMPN 1 Lintongnihuta yang meraih peringkat II tingkat Provinsi Sumut dalam bidang lomba menyanyi solo pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) secara daring 21-27 Agustus 2021. Lomba Menyanyi Solo tersebut digelar pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Fey

Komentar

Berita Terkini