|

Humbahas Terapkan Metode Gasing

Bupati Humbahas, DosmarBanjarnahor, bersama ahli matematika, Prof Yohanes Surya (dua dari kiri) foto usai pelatihan metode gasing di Kabupaten Humbahas, beberapa waktu lalu. Foto Ist 

Doloksanggul- Metode Gasing (Gampang, asyik dan menyenangkan) dalam mempelajari matematika bakal diterapkan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

"Metode Gasing bukan hanya mempelajari tambah, kurang, kali dan bagi, tetapi mengajari anak-anak berlogika sehingga bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, saat membuka Pelatihan Matematika Gasing di SMPN 2 Doloksanggul, Senin (27/06/2022).

Melalui metode Gasing, lanjutnya, para peserta diajarkan dengan menggunakan logika, sehingga mampu membagi waktu untuk belajar dan bermain serta tidak egois.

"Kalau hanya sekadar menambah, mengurang, membagi atau pun perkalian bisa menggunakan kalkulator," tukasnya dihadapan 900 orang pelajar dan 300 tenaga pendidik yang menjadi peserta pelatihan.

Bupati Dosmar berharap para peserta memanfaatkan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya karena akan berdampak positif bagi peningkatan sumber daya manusia di masa mendatang. Sementara, pemateri dalam pelatihan ini, Prof Drs Yohanes Surya MSc PhD, menyatakan, perkembangan dunia hebat karena kemajuan matematika. Kurangnya pengetahuan matematika di beberapa daerah di Indonesia mendorong pihaknya mencari satu metode untuk gampang dan menyenangkan dalam belajar matematika. 

"Kabupaten Humbang Hasundutan menjadi daerah pertama dalam penerapan metode gasing untuk anak-anak didik dan guru-guru," ujarnya. 

Perwakilan PT Parna Raya yang mensponsori kegiatan ini, Makidin Simbolon, menyatakan, pihaknya berupaya untuk turut andil dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Humbahas. 

"Dengan pembelajaran yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan ini diharapkan lahir generasi muda yang lebih baik di masa mendatang," tegasnya.

Secara terpisah, seorang tenaga pendidik yang menjadi peserta pelatihan, Donal Panjaitan, menginginkan metode Gasing masuk dalam muatan pembelajaran pengembangan diri.

"Metode Gasing membuat guru bisa lebih mudah mengajarkan anak didik pelajaran matematika," sebutnya.

Sekadar informasi, pelatihan metode Gasing berlangsung sejak 25 Juni 2022 hingga 8 Juli 2022. Tiga lokasi dipilih sebagai tempat pelatihan, yakni Aula Hutamas Perkantoran Tano Tubu, SD Negeri 173395 Doloksanggul dan SMP Negeri 2 Doloksanggul. Fey

Komentar

Berita Terkini