|

Dubes Rumania Kunjungi Medan

Wagubsu Musa Rajekshah menjelaskan potensi Sumut kepada Dubes Rumania untuk Indonesia di Kantor Gubernur Jalan Diponegoro No 30 Medan, Selasa (05/07/2022). Foto Ist

Medan- Duta Besar Rumania untuk Indonesia, Dan Adrian Balanescu, tertarik dengan potensi yang dimiliki Provinsi Sumatera Utara. Hal itu dikemukakannya saat diterima Wagubsu Musa Rajekshah di Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro No 30 Medan, Selasa (05/07/2022).

“Kehadiran saya untuk melihat potensi apa yang dimiliki Kota Medan dan Sumatera Utara dan mengenalkan potensi yang dimiliki Rumania,” papar pria yang akrab disapa Mr Balanescu ini. 

Ia memuji potensi pariwisata dan industri yang dimiliki Provinsi Sumut. Begitu juga perguruan tinggi, termasuk jurusan terbaik yang dimiliki perguruan tinggi di Sumut.

"Saya berharap, ke depan bisa menjalin ker jasama di berbagai bidang dengan Provinsi Sumatera Utara," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wagubsu Musa Rajekshah memaparkan sejumlah potensi unggulan Sumut, mulai dari pariwisata, budaya, hasil pertanian hingga pendidikan. Dikemukakannya, selama ini Sumut telah melakukan kerja sama dengan Rumania di bidang perdagangan.

"Sumatera Utara sudah mengekspor turunan minyak kelapa sawit, yaitu margarin sebanyak 70 ton per tahun ke Rumania. Selain itu, kita juga mengekspor kayu manis," paparnya.

Pria yang karib disapa Ijeck ini juga menyatakan, peluang berinvestasi di Sumut sangat terbuka lebar karena Pemprov Sumut mempunyai strategi untuk meningkatkan iklim investasi positif, khususnya di sektor infrastruktur. 

“Sumut punya Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai Pelabuhan Hub Internasional yang akan diintegrasikan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. Saat ini juga sedang proses pembangunan jalur Kereta Api Sei Mangkei-Kuala Tanjung. Selain itu, ada juga Pelabuhan Belawan untuk aktivitas perdagangan domestik,” urainya.

Pihaknya berharap, kerja sama bilateral Provinsi Sumut dengan Rumania bisa terus ditingkatkan baik di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan lainnya. Fey

Komentar

Berita Terkini