|

Bupati Dosmar Banjarnahor: Raja Sisingamangaraja Milik Indonesia

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor SE, bersama rombongan disambut tarian tradisional saat memasuki arena Festival Raja Sisingamangaraja di obyek wisata alam Geosite Sipinsur, Sabtu (30/07/2022). Foto Ist

Doloksanggul- Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor SE, menyatakan, Raja Sisingamangaraja adalah milik bangsa Indonesia. 

"Melalui FRS (Festival Raja Sisingamangaraja, red) ini, para pengunjung dapat merasakan kebahagiaan dan suka cita," ungkapnya dihadapan ribuan pengunjung yang memadati obyek wisata alam Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbahas, Sabtu (30/07/2022).

Ia mengemukakan, FRS yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Humbahas ini juga diharapkan mampu membangkitkan semangat para pelaku usaha, setelah terpuruk di masa pandemi Covid-19.

"Kita berharap, FRS ini akan membawa kesegaran baru dan semangat baru bagi para pelaku usaha," tutur Bupati Dosmar Banjarnahor. 

Pada kesempatan itu, pihaknya berterimakasih kepada panitia, sanggar seni dari berbagai daerah, dan pengurus Yayasan Sisingamangaraja XII, yang telah menggagas FRS.

"Tetap lah berkreasi untuk mengembangkan dan mempertahankan budaya kita," tukasnya.

Bupati Dosmar mengklaim, wisata alam Geosite Sipinsur banyak dikunjungi berbagai kalangan, tanpa mengenal perbedaan suku, agama dan ras. Untuk itu, pihaknya mengimbau segenap pihak terkait agar saling menghargai dengan mengutamakan keramahtamahan dan mudah senyum kepada setiap pengunjung. Selain itu, tetap menjaga kebersihan obyek wisata.

"Bagi pedagang, berjualan lah dengan harga yang wajar, sehingga pengunjung merasa nyaman," pesannya.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata dan Pemuda Olahraga Humbahas, Jakkon H Marbun SE, menjelaskan, FRS mempromosikan potensi pariwisata dan budaya, sekaligus melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya. Tujuannya agar mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Humbahas dengan harapan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. 

"FRS ini juga diharapkan mampu meningkatkan kebersamaan serta rasa persatuan dan kesatuan masyarakat kawasan Danau Toba dan masyarakat NKRI, termasuk mendorong dan meningkatkan semangat masyarakat untuk lebih peduli dan cinta bidang pariwisata serta budaya," paparnya. 

Lebih lanjut dikemukakan, sejumlah kegiatan digelar untuk memeriahkan FRS, diantaranya lomba fashion show untuk murid SD, Lake Toba Fashion Week, lomba marturi-turian untuk SMP, lomba mewarnai untuk PAUD/TK, pagelaran seni budaya, penampilan Sanggar Seni Pearung, atraksi seni budaya, fragmen Raja Sisingamangaraja dan Boru Lopian yang diperagakan Sanggar Seni Maduma dan hiburan rakyat. Pada kesempatan itu, pihak Pemkab Humbahas memberikan piagam penghargaan kepada tiga Bidan Desa terbaik dalam rangka penurunan angka stunting, masing-masing Rosita Saragih (Desa Sigalogo Onanganjang), Erni Syarifah Rajaguguk (Desa Siborboron Sijamapolang) dan Sabaria Rose Mery Tumanggor (Desa janji Doloksanggul). Penghargaan juga diberikan kepada sejumlah guru yang mengikuti pelatihan 'Gasing' dan petani jagung pemilik lahan penanaman terluas.

Kegiatan FRS juga diwarnai dengan pemberian paket bahan pokok kepada petugas kebersihan dan penyerahan klaim kepada nasabah BPJS Ketenagakerjaan. 

Di sela-sela kegiatan, Kepala Badan Geopark Kaldera Toba, Mangindar Simbolon, menyatakan, wisata Sipinsur merupakan salah satu geopark Kaldera Toba. Pada saat evaluasi Unesco, lanjutnya, Sipinsur memiliki nilai plus dibanding geosite lainnya. 

“Harapan saya, acara seperti ini akan berlanjut kalau bisa menjadi festival agenda tahunan sebagai even pariwisata berbasis alam, berbasisi budaya di Humbahas," sebutnya. 

Mengenai lokasi kegiatan, mantan Bupati Samosir ini mempersilakan pihak pemkab setempat untuk menentukannya. 

"Pemkab bisa melakukan rotasi, artinya tidak terus disini, bisa di Bakkara, karena Tipang Baktiraja juga salah satu Geopark Kaldera Toba," ujarnya. 

Berdasarkan pengamatan, juara lomba fashion show cilik diraih Mikha Simanullang (SD Sirisirisi Doloksanggul), juara Marturi-turian diraih Dhea Casandra Situmorang (SMPN 1 Tarabintang) dan juara Lomba Mewarnai diraih Mandela Simamora.  Tampak hadir, Wakil Bupati Humbahas, Oloan Paniaran Nababan SH MH, Kapolres Humbahas, AKBP Ahmad Muhaimin, Dandim 0210/TU, Letkol Inf Hari Sandra, Kajari Humbahas, Anthoni SH, Sekdakab Humbahas, Drs Tonny Sihombing dan Ketua TP PKK Humbahas, Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor. Fey

Komentar

Berita Terkini