|

Awas...Tilang Elektronik Mulai Berlaku di Medan

Waka Polda Sumut, Brigjend Dadang Hartanto saat memberikan keterangan terkait penerapan ETLE yang resmi diluncurakan, Sabtu (26/3/2022).suaratani.com-ist 

Medan- Kebijakan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement, ETLE) mulai diterapkan di Kota Medan. 

Menurut Waka Polda Sumut, Brigjen Dadang Hartanto, penerapan tilang elektronik baru dilakukan di satu titik, yakni traffic light kawasan Jalan Bukit Barisan Medan, tepatnya di depan Merdeka Walk. Pihaknya berharap, penerapan ETLE semakin meningkatkan kepatuhan para pengguna kendaraan dalam berlalu-lintas. 

“Kalau sudah patuh, tentu kita berharap dapat menekan terjadinya angka kecelakaan, termasuk meningkatkan kesopanan sesama pengguna jalan,” papar Brigjen Dadang didampingi Wadir Lantas Polda Sumut, AKBP Erwin Suwondo, saat penerapan kebijakan ETLE di Medan, Sabtu (26/03/2022).

Ia juga mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah untuk memfasilitasi penambahan alat elektronik. Hal itu telah dilakukan Pemprov DKI, Sumatera Selatan dan Jawa Timur. Tujuannya agar bisa memperluas penerapan kebijakan ETLE di Kota Medan, bahkan wilayah Provinsi Sumut.  

Sementara, AKBP Erwin Suwondo membenarkan, saat ini ETLE baru diaktifkan di satu titik. Namun, kedepan akan ditambah, terutama di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL). 

“Termasuk juga menambah ETLE mobile,” tukasnya. 

Ia memastikan, kendaraan yang tertangkap kamera ETLE melakukan pelanggaran berasal dari luar daerah Kota Medan, tetap akan menerima surat pemberitahuan. 

“Kendaraan yang terdaftar di provinsi lain juga akan menerima surat pemberitahuan. Ini kan judulnya ETLE nasional, tetap kita akan bersurat ke alamat yang terdaftar,” ungkapnya. 

Penerapan ETLE, kata AKBP Erwin Suwondo, juga diharapkan bisa mendorong masyarakat yang membeli kendaraan bekas untuk segera melakukan balik nama. 

“Agar kedepannya tidak repot saat tertangkap melakukan pelanggaran, karena kami berhak memblokir nomor polisi kendaraan yang bersangkutan,” tegasnya. 

Sekadar informasi, peluncuran ETLE ini dilakukan secara serentak di 14 Kepolisian Daerah di Indonesia yang dipusatkan di Surabaya dan dihadiri langsung Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Wibowo. Fey

Komentar

Berita Terkini