|

Forkopimda Sumut Panen Padi di Mardingding Karo

Gubsu Edy Rahmayadi bersama Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, mengendarai mesin Combine Harvester dalam acara panen raya padi di Desa Lau Kasumpat Kecamatan Mardingding Kabupaten Karo, Rabu (16/02/2022) siang. Foto Fey 

Karo- Gubsu Edy Rahmayadi bersama Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hasanuddin, dan Kajatisu, IBN Wiswantanu menghadiri panen raya padi di Desa Lau Kasumpat Kecamatan Mardingding Kabupaten Karo, Rabu (16/02/2022) siang.

Dipandu seorang operator, Gubsu Edy didampingi Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, mengarahkan Combine Harvester (mesin pemanen padi, red) ke areal padi yang telah menguning. Berjarak beberapa meter, tepatnya di sisi kiri Gubsu, mesin Combine Harvester yang ditumpangi Irjen Pol RZ Panca Putra dan Mayjen TNI Hasanuddin juga beraksi memanen padi. Hal serupa juga dilakukan Kajatisu, IBN Wiswantanu, yang menumpang mesin Combine Harvester di sisi kanan Gubsu Edy.

"Karo merupakan salah satu lumbung pangan Sumatera Utara," ujarnya usai melakukan panen raya.

Ia mengakui, Kabupaten Karo memiliki potensi besar pada sektor pertanian, terutama tanaman pangan. Hal ini mengingat luasnya areal persawahan yang ada di dua kecamatan ini.

"Saya yakin rakyat di sini makmur. Ini surga kecil, tanah yang begitu subur yang belum tentu dimiliki daerah lain,” tutur Gubsu Edy.

Sebelumnya, Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, menjelaskan, padi di areal seluas 280 hektar (Ha) yang dipanen itu memanfaatkan tiga varietas unggul, masing-masing Mekongga, Inpari 32 dan Ciherang. Saat ini, lanjutnya, rata-rata hasil panen petani berkisar 7-8 ton per ha.

"Kita berharap, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara lebih memperhatikan para petani di Kabupaten Karo," pintanya.

Apalagi, Bupati Cory mengklaim, Kecamatan Mardinding saat ini surplus beras. 

"Ada beberapa desa yang menjadi sentra padi di wilayah Kecamatan Mardingding, seperti Desa Lau Kasumpat, Desa Lau Solu, Desa Tanjung Panah, Desa Mardinding, Desa Lau Mulgap, Desa Lau Pakam, dan Desa Lau Pengulu," urai Bupati Cory.

Kapoldasu, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hasanuddin, mengendarai mesin Combine Harvester dalam acara panen raya padi di Desa Lau Kasumpat Kecamatan Mardingding Kabupaten Karo, Rabu (16/02/2022) siang. Foto Fey

Dikemukakannya, selama ini belum pernah Forkopimda Sumut berkunjung ke wilayah Mardingding untuk menyapa masyarakat. Satu hal yang mendorong pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan tersebut.

"Kami sangat bangga Forkopimda Sumatera Utara bisa berkunjung ke Kecamatan Mardingding," ungkapnya.

Hal itu dibenarkan seorang warga Kecamatan Lau Baleng, Zulfikar Karo-karo yang diberi kesempatan untuk berbicara dengan pihak Forkopimda Sumut.

"Terima kasih sudah hadir melihat kami disini Pak. Ini menambah semangat kami untuk tetap bertani," ujar pria yang juga merupakan Ketua Kelompok Tani Maju Bersama ini. 

Pada kesempatan itu, Zulfikar juga menyoroti beragam kendala yang dihadapi para petani setempat dalam melakukan usahatani. Salah satunya, keterbatasan pasokan pupuk.

"Kami mohon agar pupuk tetap tersedia di wilayah kami agar bisa digunakan untuk kebutuhan pertanaman," harapnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Bahruddin Siregar, yang ditemui di sela acara, menyatakan, keterbatasan pasokan pupuk kimia dialami petani di seluruh Indonesia. Kondisi itu yang mendorong pihaknya menggencarkan sosialisasi penggunaan pupuk organik dalam usahatani dalam upaya meminimalisir ketergantungan terhadap pupuk pabrikan.

"Kita tidak bisa terus berharap dengan pasokan pupuk kimia yang alokasinya terus berkurang akibat ketiadaan bahan baku, sehingga pemanfaatan pupuk organik menjadi alternatif para petani untuk melakukan usahatani," paparnya yang saat itu hadir bersama Kabid Sarana Prasarana, Jonni Akim Purba, Kabid Tanaman Pangan, Juwaeni, Kepala Bidang Penyuluhan, Nurhijjah Siregar, Kepala UPT Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura, Marino, Kepala UPT Benih Induk Hortikultura Kuta Gadung Berastagi, Lambok Turnip, Kepala Pengawasan Sertifikat Benih, Juli Hutahaean dan Kepala UPT Benih Induk Palawija Tanjung Selamat, Sri Ulina Sitepu. 

Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan alat mesin pertanian dan bibit jagung hibrida kepada perwakilan kelompok tani di Desa Lau Kasumpat Kecamatan Mardingding Kabupaten Karo, Rabu (16/02/2022) siang. Foto Fey

Guna meningkatkan produktivitas panen petani, pihaknya juga memberikan beragam bantuan, mulai benih hingga alat mesin pertanian.

"Padi yang dipanen hari ini merupakan bantuan benih dari APBN tahun 2021," tukasnya lantas menambahkan, Kabupaten Karo menerima bantuan benih padi yang bersumber dari APBN 2021 untuk areal seluas 1.382 Ha dan pada tahun ini direncanakan seluas 1.000 Ha. 

Berdasarkan pengamatan, pihak Forkopimda Sumut sempat meninjau lahan pertanaman bawang, jagung dan cabai merah di Desa Lau Solu Kecamatan Mardingding, usai turun dari helikopter yang mendarat di lapangan sepak bola kawasan Desa Pancur Buluh. Gubsu Edy juga menyerahkan bantuan alat pertanian berupa pompa elektrik dan bibit jagung hibrida kepada Ketua Kelompok Tani Anugerah, Biner Pangabean dan Ketua Kelompok Tani Batu Rongkam, Candra Panjaitan. Fey


Komentar

Berita Terkini