|

Di Batu Bara, Bibit Cabai Bantuan Pemerintah Dipanen

Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution (kanan)usai melakukan panen cabai merah di areal Poktan Makmur Desa Lubuk Cuik Kecamatan Limapuluh Pesisir Kabupaten Batu Bara, Selasa (23/11/2021). Foto Ist

Limapuluh- Bantuan bibit cabai merah yang disalurkan pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut dari APBD tahun 2021 ke para petani di wilayah Kabupaten Batubara mulai membuahkan hasil. Gerakan Panen Cabai Merah di areal pertanaman Kelompok Tani (Poktan) Makmur Desa Lubuk Cuik Kecamatan Limapuluh Pesisir, Selasa (23/11/2021), menjadi buktinya.

"Hari ini kita bersama-sama melakukan panen cabai merah di areal 20 hektar di sentra pertanaman cabai merah di Sumatera Utara," papar Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Adri Airil Nasution, mewakili Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar, yang berhalangan hadir.   

Ia berharap, para petani penerima bantuan menikmati hasil panen dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarganya. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Batu Bara, Azwar SP, menyambut positif bantuan Dinas TPH Sumut kepada para petani di wilayahnya. Apalagi, pertanaman cabai merah di kawasan itu terbukti mampu menyerap tenaga kerja.

"Ini merupakan salah satu cara penguatan ekonomi masyarakat melalui komoditas cabai merah," tukasnya.

Namun, Azwar mengingatkan para petani untuk memperbaiki teknis pengolahan lahan pertanamannya agar produktivitas semakin meningkat. 

"Penggunaan pupuk dan pestisida selama ini membuat tanah jenuh dan tidak subur lagi," ujarnya.

Pendapat itu dibenarkan petugas laboratorium Pengamat Hama dan Penyakit Pematang Krasaan Kabupaten Simalungun, Efendi JM Sihombing. Ia menyarankan penggunaan bahan organik untuk membantu penanganan hama dan penyakit pada tanaman cabai.

"Air parit di bedengan tanaman cabai bisa mempercepat perkembangan hama dan penyakit, sehingga para petani harus memperbaiki pengolahan tanah di bedengan," tuturnya.

Sejumlah anggota Poktan Makmur usai melakukan panen cabai merah bantuan pemerintah, Selasa (23/11/2021). Foto Ist 

Sementara, Ketua Poktan Makmur, Salidi, berterimakasih atas kepedulian pihak Dinas TPH Sumut terhadap petani cabai merah.

"Terima kasih karena telah memberikan bantuan benih cabai merah berikut sarana dan prasarananya, termasuk melakukan pendampingan dan penyuluhan kepada kami," sebutnya. Fey

Komentar

Berita Terkini