|

1.129 Polisi Amankan Pilkades di Sumut

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memimpin apel pasukan di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Minggu (21/11/2021). Foto Ist

Medan- Sebanyak 1.129 personel di BKO dalam pengamanan Pemilihan kepala desa (Pilkades) 2021 di beberapa kabupaten di Sumatera Utara (Sumut), Minggu (21/11/2021). 

Dalam apel pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Huta Toba 2021 di Lapangan KS Tubun Mapolda Sumut, Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menyatakan, para personil kepolisian yang di BKO tersebut berasal dari Satuan Brimob, Sabahar, Intel, Reskrim, Propam dan Bintara Remaja.

"Polda Sumatera Utara beserta jajaran telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan mitra kamtibmas untuk melakukan pengamanan tahapan Pilkades 2021 mulai persiapan, pencalonan pemungutan suara, hingga penetapan calon dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif agar situasi tetap aman dan kondusif," paparnya.

Ia mengemukakan, sejumlah kabupaten yang melaksanakan Pilkades 2021 yakni, Kabupaten Humbahas, Taput, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah, dan Toba.

"Ada tujuh kabupaten, 88 kecamatan dan 558 desa, yang melaksanakan Pilkades 2021 di Sumut," ungkapnya.

Irjen Panca Putra mengingatkan, pelaksanaan Pilkades tidak sama dengan Pemilihan Presiden, Gubernur dan Legislatif. Pasalnya, dalam Pilkades, hasil pemungutan suara keluar pada hari yang sama dan langsung ditetapkan. Sementara, pada pilpres, pilgub dan pileg, melalui tahapan pleno dan dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pihaknya berharap, para personil kepolisian serius menjalankan tugas pengamanan pilkades 2021 dan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan Covid-19. Coki


Komentar

Berita Terkini