|

Poktan Alba Asahan Terima Bantuan Alsintan

Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar, didampingi sejumlah staf menyerahkan secara simbolis kunci TR4 kepada Ketua Poktan Alba Dusun 10 Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Langkat, di halaman Kantor Dinas TPH Sumut, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Kamis (07/10/2021). Foto Fey

Medan- Ketua Kelompok tani (Poktan) Alba Dusun 10 Desa Perbangunan Kecamatan Sei Kepayang Kabupaten Asahan, Marhujogo Ompusunggu, mengaku gembira menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari pihak Kementerian Pertanian.

“Terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara yang sudah mengalokasikan bantuan traktor dari Kementerian Pertanian untuk petani di kelompok tani Alba,” ungkapnya saat menerima secara simbolis kunci traktor roda empat (TR4) rotary dari Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar, di halaman kantor dinas yang berada di Jalan AH Nasution No 6 Medan, Kamis (07/10/2021) siang.

Ia mengemukakan, bantuan TR4 berikut lima pompa air berukuran 3 inchi tersebut sangat dibutuhkan para petani dalam mengolah lahan persawahan. Apalagi, selama ini pihaknya nyaris tidak tersentuh bantuan alsintan dari pemerintah.

“Sekitar lima tahun lalu, kami memang pernah mendapat bantuan hand traktor dari Dinas Pertanian Kabupaten Asahan. Setelah itu tidak pernah lagi,” ujarnya.

Padahal, kata Marhujogo, sebanyak 70 anggota Poktan Alba sangat membutuhkan traktor untuk mengolah lahan persawahan seluas 50 ha lebih.

“Sekali lagi, kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kepala Dinas atas bantuan alsintan ini,” paparnya.

Sementara, Plt Kadis TPH Sumut, Bahruddin Siregar, berharap para petani penerima bantuan yang tergabung dalam poktan menjaga sekaligus merawat alsintan tersebut.

“Buat pengaturan pemakaiannya agar seluruh anggota Poktan Alba bisa memanfaatkan bantuan ini dalam upaya meningkatkan produktivitas padi Sumatera Utara,” imbaunya.

Seorang staf Bidang Sarana Prasarana Dinas TPH Sumut, memantau proses menaikkan TR4 ke truk untuk dibawa ke Kabupaten Asahan, dari halaman Dinas TPH Sumut, Kamis (07/10/2021). Foto Fey

Sebelumnya, Kepala Seksi Pupuk, Pestisida dan Alsin Bidang Sarana Prasarana Dinas TPH Sumut, Heru Suwondo, menjelaskan, bantuan alsintan tersebut langsung diterima oleh ketua poktan.

“Ada delapan unit TR4 rotary dan 124 unit pompa air bantuan dari pemerintah pusat untuk Sumatera Utara,” sebut Heru.

Saat ini, pihaknya masih menunggu ketua poktan di empat kabupaten, masing-masing Simalungun, Tapanuli Utara, Nias Utara dan Toba, untuk mengambil bantuan alsintan tersebut. Fey


Komentar

Berita Terkini