|

Aplikasi Elsimil Binjai Diverifikasi

Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, menerima kunjungan Tim dari Kantor Staf Kepresidenan RI yang hendak melakukan verifikasi lapangan progres uji coba aplikasi Elsimil, di ruang kerjanya, Balai Kota Binjai, Jumat (22/10/2021). Foto Ist

Binjai- Tim Kantor Staf Kepresidenan RI melakukan verifikasi lapangan progres uji coba aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil), Jum'at (22/10/2021).

Tenaga Ahli Madya Bidang Pembangunan Manusia Kantor Staf Kepresidenan, Yenny Sucipto, mengapresiasi progres yang dicapai Pemko Binjai. Namun, ia berharap aplikasi Elsimil tidak hanya dilakukan di satu wilayah saja, tapi juga di seluruh Kota Binjai. 

"Hasil laporan ini bagi kami sudah cukup luar biasa. Untuk permasalahan yang dialami akan menjadi catatan kami yang akan kita cari solusinya, sehingga tujuan Elsimil kedepannya dapat tercapai," papar Yeni.

Sebelumnya, Kepala Dinas PP dan KB Kota Binjai, Drg Lilik Roesdawati MKes, melaporkan, pelaksanaan uji coba aplikasi Elsimil hanya berada di Kelurahan Suka Maju. Sementara wilayah lainnya belum diterapkan karena masih dalam rangka persiapan.

Pada pelaksanaan uji coba aplikasi Elsimil, lanjutnya, jumlah Calon pengantin (Catin) wanita sebanyak delapan orang. Sebanyak lima diantaranya telah melakukan skrining kesehatan dan terdaftar di aplikasi Elsimil. Sisanya, yakni tiga orang Catin wanita, belum terdaftar di Elsimil, mengingat kesiapan faskes dan tim pendamping. 

"Lima orang yang telah terdaftar di aplikasi Elsimil telah mendapatkan MMS (Multiple Micronutrient Supplement, red)," tutur Lilik.

Diakuinya, ada sejumlah kendala dalam uji coba aplikasi Elsimil. Beberapa kendala diantaranya yakni,  tidak semua Catin memiliki gadget (telepon seluler andoid, red), Tim Pendamping Keluarga (TPK) sudah dibentuk namun semua belum mahir, serta kesiapan faskes karena belum semuanya memiliki alat uji yang benar-benar valid.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP yang menyambut kehadiran rombongan, mengklaim, pihak Pemko berupaya melakukan beragam upaya dalam mengatasi kendala dalam pelaksanaan aplikasi Elsimil.

"Kita berupaya aplikasi Elsimil bisa segera diterapkan di seluruh wilayah Kota Binjai agar bisa meminimalisir angka stunting yang ada di kota ini," tandasnya. Ian


Komentar

Berita Terkini