|

Workshop KBPP Binjai di Kualanamu

Ketua TP PKK Kota Binjai, Dra Hj Nurhayati Simanjuntak bersama sejumlah pemateri dan peserta Sosialisasi Program KBPP di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Kamis (23/09/2021). Foto Ist 

Deliserdang- Staf Ahli Wali Kota Binjai Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Drs Afwan Apt MM, membuka kegiatan workshop dan sosialisasi Program Keluarga Berencana Pasca Persalinan (KBPP) Pilihan, di Prime Plaza Hotel Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Kamis (23/09/2021).

Dalam sambutannya, Afwan menyatakan, kegiatan workshop yang bekerja sama dengan Johns Hopkins Program For International Education in Gynecology and Obstetrics (JHPIEGO) ini merupakan salah satu upaya dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Kota Binjai. Sesuai Rencana Kerja Tahunan (RKT), lanjutnya ada beberapa output yang menjadi fokus Pemko Binjai. Salah satunya, mengembangkan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dalam pelayanan konseling dan KBPP.

Selain itu, kata Afwan, mengindentifikasi adanya fungsi tim jaga mutu di tingkat fasilitas kesehatan Kota Binjai dalam memperkuat program KBPP, mengindentifikasi adanya fungsi pokja Kota Binjai dalam memperkuat program KBPP, serta mengindentifikasi fasilitas kesehatan sebagai awal jaringan fasilitas kesehatan yang dapat memperkuat program KBPP.

“Saya berharap, kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dapat memberikan pemahaman yang cukup bagi peserta untuk mengedukasi masyarakat agar mengetahui intervensi program KBPP pilihan beserta konsep implementasinya," ujarnya. 

Sementara, Ketua TP PKK Kota Binjai, Dra Hj Nurhayati Simanjuntak berterimakasih atas peran pihak JHPIEGO dalam kegiatan ini. Ia mengklaim, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan Pemko Binjai dalam program keluarga berencana.

"Pemko Binjai terus berkomitmen mendukung dan mewujudkan visi misi Kota Binjai melalui program KBPP sesuai dengan yang diharapkan," tegasnya.

Sekadar mengingatkan, Binjai merupakan salah satu kota yang mendapat manfaat dari kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan JHPIEGO tentang program penguatan sistem kesehatan di Indonesia. Tampak hadir, Kepala Dinas PPKB Binjai, Drg Lilik Roesdawati MKes, Kepala Dinas P3AM, Rudi Iskandar Baros ST, Kepala BPJS Kota Binjai, Mulyana, Senior Program Manager JHPIEGO, Damaryanti Suryaningsing, perwakilan Dinas Kesehatan, perwakilan Kepala Dinas Kominfo dan OPD terkait lainnya. Ian

Komentar

Berita Terkini