|

Puluhan Ribu Buruh Jakarta, Banten dan Jabar Divaksin Gratis

Ketua KSPI, Said Iqbal. Foto Ist

Medan- Sebanyak 30 ribu lebih buruh Jakarta, Banten dan Jawa Barat (Jabar) menerima suntikan vaksinasi Covid-19 secara gratis. Kegiatan yang terselenggara berkat kerja sama Mabes Polri dan pihak Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu juga memberikan paket bahan pokok untuk para penerima vaksin.

"Atas nama buruh Indonesia, KSPI mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Mabes Polri yang telah memberikan vaksin presisi gratis kepada para buruh, termasuk bantuan paket bahan pokok," papar Ketua KSPI, Said Iqbal, dalam siaran persnya yang dikirim ke redaksi, Rabu (25/08/2021).

Ia mengemukakan, program ini merupakan suatu bentuk nyata, bahwa tuntutan buruh agar pemerintah melakukan vaksinisasi bagi kalangan buruh di pabrik-pabrik secara gratis telah diwujudkan. Tuntutan vaksin gratis ini, kata Said Iqbal, didasarkan pada data dan fakta yang didapat pihak KSPI. 

"Sejak PPKM Darurat diterapkan hingga dua minggu setelahnya, tingkat penularan Covid-19 di lingkungan pabrik berkisar 10 persen. Bahkan, secara total, terdapat ratusan buruh yang meninggal dunia," tuturnya.

Said Iqbal menyatakan, sejumlah buruh yang divaksin diantaranya berasal dari PT EPSON (Bekasi), PT Honoris (Bogor), PT Nitto (Bogor), PT Aisin (Bekasi), PT Xacti (Depok), serta beberapa perusahaan di wilayah Jakarta, Tangerang, Karawang, dan Purwakarta. Dalam acara tersebut, lanjutnya, dihadiri langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

"Kegiatan vaksinasi di PT Epson Bekasi dan PT Chih Lung Tangerang dihadiri langsung Kapolri. Bahkan, vaksinasi buruh PT Kahatex Bandung dihadiri Kapolri dan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," sebutnya.

Begitu juga saat vaksinasi buruh PT Aisin, Waka Polri Komjen Gatot Eddy Pramono, tampak di antara para buruh. Sementara di perusahaan lain, hadir Wakil Kaba Intelkam, Irjen Suntana.

"Selain bekerja sama dengan KSPI, Mabes Polri juga menggandeng KSPSI pimpinan Andi Gani untuk melaksanakan program vaksin gratis untuk buruh ini," akunya.

Said Iqbal berharap, seluruh program vaksin untuk buruh dan keluarganya bisa dinikmati secara gratis seperti yang dilakukan pihak Mabes Polri. Hal ini mengingat, melalui program vaksin gratis, akan lebih cepat tercapai herd immunity. 

“Dengan tercapainya herd immnunity, yaitu 50 persen orang dalam satu komunitas sudah tervaksin, maka diharapkan para buruh bisa bekerja secara optimal, sehingga dapat dihindari terjadinya ledakan PHK, dan perusahaan dapat beroperasi 100 persen, khususnya yang berorientasi ekspor,” urainya. Ril/Coki



Komentar

Berita Terkini