|

Wali Kota Binjai Buka Musrenbang

Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, bersama sejumlah peserta Musrenbang RJPMD 2021-2026 di Aula Pemko Binjai, Kamis (24/06/2021). Foto Ist

Binjai- Wali Kota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Binjai Tahun 2021-2026 di Aula Pemko Binjai, Kamis (24/06/2021).

.Dalam sambutannya, Amir Hamzah memaparkan fokus utama perencanaan pembangunan lima tahun ke depan, diantaranya pertumbuhan ekonomi daerah yang pada tahun 2020 terkoreksi sebesar minus 1,83. Pada tahun 2026, ditargetkan menjadi 5,70 dengan beberapa program seperti penguatan UKM dan IKM Kota Binjai, pengembangan infrastruktur, peningkatan daya saing industri kreatif dan meningkatkan kualitas ekonomi kreatif.

"Tingkat kemiskinan pada tahun 2020 naik 0,05 poin menjadi 5,72 untuk itu tahun 2026 kita targetkan menurun menjadi 4,80 dengan peningkatan daya saing ekonomi daerah serta pengurangan kesenjangan wilayah melalui ketersediaan dan kualitas infrastruktur yang merata," tuturnya.

Ia mengklaim, tingkat pengangguran terbuka tahun 2020 yang meningkat dari 2,53 menjadi 8,67 poin, ditargetkan menurun pada 2026 menjadi 5,50 dengan memperluas kesempatan kerja dan peluang usaha, peningkatan kualifikasi tenaga kerja serta pembangunan balai latihan kerja di Kota Binjai.

"Kita juga berupaya menyelesaikan masalah-masalah sosial seperti menurunkan tingkat kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba serta menjaga lingkungan hidup yang berkualitas," sebutnya.

Sementara, Staf Ahli Gubernur Sumut Bagian Hukum dan Politik, Dr Ir Binsar Situmorang MSi MAP, menyatakan forum musrenbang memiliki makna sangat penting dan strategis karena seluruh pemangku kepentingan melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan lima tahun, sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RPJMD Tahun 2021-2026 yang telah disusun Pemko Binjai.

"Semoga melalui penyelenggaraan Musrenbang ini, kita dapat merumuskan RPJMD yang lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Binjai," harapnya.

Tampak hadir, Sekretaris Bappeda Sumut, Yosi Sukmono ST, Ketua DPRD Binjai, H Noor Sri Alamsyah Putra, Kapolres Binjai, AKBP Romadhoni Sutardjo, Ketua TP-PKK Kota Binjai, Dra Hj Nurhayati Amir Hamzah, serta undangan lainnya. Ian

Komentar

Berita Terkini