|

Pospera Siap Jadi Mitra Pemkab Dairi

Kantor Bupati Dairi. Foto Int

Sidikalang– Pihak Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) siap bermitra dengan Pemkab Dairi. Hal itu dikemukakan pengurus Pospera saat bersilaturahim dengan Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu di ruang kerja Bupati, Selasa (02/03/2021).

"Pospera siap menjadi mata, telinga dan mulut bagi Pemkab Dairi," ungkap juru bicara Pospera Dairi, Lambok Sitanggang didampingi Mohd Kadfi SH.

Ia mengemukakan, kehadiran organisasi masyarakat Pospera dalam rangka menyampaikan keluhan dan aspirasi masyarakat Kabupaten Dairi, sekaligus rencana deklarasi pembentukan Pospera di Kabupaten Dairi pada awal April 2021 mendatang.

"Pospera merupakan organisasi masyarakat yang bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan dan merupakan inisiasi dari aktivis 1998 yang sampai saat ini masih melakukan komunikasi dan turut serta berkarya dengan pemerintah untuk menyelesaikan program-program reformasi yang belum selesai," papar Lambok.

Pihaknya mengklaim, Pospera terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa, Politik (Kesbangpol) tahun 2019, dengan Sekretariat berada di Tanah Pinem. 

"Kita bukan hakim, namun kita ingin menjadi mata, telinga dan mulut bagi masyarakat untuk menyampaikannya kepada pemerintah, dalam hal ini Pemkab Dairi," sebut Lambok. 

Ditambahkannya, Pospera berkeinginan menjadi mitra bagi pemerintah dalam menyelesaikan berbagai keluhan dan masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Selain itu, ingin mengedukasi masyarakat yang berkaitan dengan bantuan sosial (bansos) di tengah pandemi Covid-19, apakah sudah sesuai dengan harapan. 

"Bila ada kekurangan, Pospera akan siap membantu, sehingga menjadi bahan evaluasi bagi dinas terkait untuk dibenahi," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Lambok Sitanggang menjelaskan, Pospera Kabupaten Dairi berencana mengadakan acara deklarasi pada April 2021 dengan menghadirkan Pembina Pospera, Adian Napitupulu. Pihaknya berharap, kegiatan itu mendapat dukungan dari Pemkab Dairi.

Bupati Dairi, Eddy Ate Keleng Berutu menyambut positif kunjungan pihak Pospera. Bahkan, ia mengaku senang bisa bermitra dengan Pospera agar masyarakat memiliki wadah dalam menyampaikan aspirasinya. 

“Bagaimana pemkab dengan masyarakat bisa berkolaborasi? cari lah titik kolaborasinya," ujar Bupati Eddy yang saat itu didamping Kabag Kesra, Antonius Sinaga, mewakili Kesbangpol, Torang Sinaga, serta Kabid Pemuda dan Olahraga, Mangaranap Manik. 

Ditegaskannya, saat ini penting dilakukan pemberdayaan masyarakat, dan berharap Pospera bisa menjadi kanal aduan masyarakat. 

"Berkoordinasi lah dengan dinas terkait, misal Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perindagkop UMKM) juga dengan Dinas Sosial, atau Dinas Pekerjaaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) serta Dinas Pertanian agar akar permasalahan di lapangan dapat kita ketahui secara jelas,” sarannya. Han

Komentar

Berita Terkini