|

Bangunan Warenhuis Dibenahi

Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, meninjau bangunan bersejarah Warenhuis di kawasan Kesawan, Rabu (17/03/2021). Foto Ist

Medan- Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution berencana mengembalikan nilai herritage di kawasan Kesawan. Pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diminta kembali menata sekaligus mengembalikan wujud asli arsitektur Warenhuis di kawasan Kesawan Medan.

"Sejak lama saya katakan, kawasan Kesawan ini harus dijadikan kawasan heritage. Gedung-gedung bersejarah kita pugar, jadi memang harus dimulai," sebutnya saat meninjau bangunan bersejarah Warenhuis, Rabu (17/03/2021).

Ia mengklaim, kawasan Jalan Ahmad Yani, Perniagaan atau Pajak Ikan Lama segera direvitalisasi. Bahkan, kata Bobby, Dana Intensif Daerah (DID) untuk itu sudah tersedia. 

"Kita telah berkolaborasi dengan Kementerian, jadi tinggal jalan karena DID juga sudah ada. Tapi kita harus selesaikan permasalahan sosial yang sedang tahap sosialisasi," paparnya. 

Pihaknya mengaku, Camat sudah melakukan sosialiasi hingga dua kali tentang kawasan Herritage di Kesawan. Begitu juga Dinas Perkim, telah diminta melakukan penataan kawasan Kesawan. 

"Jika Warenhuis telah direvitalisasi akan banyak manfaatnya. Misalnya memindahkan pelaku UMKM ke Warenhuis. Terlebih ada pro kontra UMKM atau tenant di kawasan Lapangan Merdeka," tuturnya lantas berjanji untuk ikut menyosialisasikan revitalisasi kawasan herritage Kesawan untuk kepentingan warga Kota Medan. 

Sekadar mengingatkan, Warenhuis merupakan super market pertama di Kota Medan yang dibangun sekira tahun 1916 oleh arsitek Jerman, Warenhuis. Tiga tahun kemudian, Warenhuis dibuka untuk umum. Van


Komentar

Berita Terkini