|

Syukuran Milad Kosambi di Binjai Selatan

Syukuran hari jadi ke-2 Komunitas Sastra Masyarakat Binjai (Kosambi) di Jalan Palembang No 16 Kelurahan Rambung Timur Kecamatan Binjai Selatan berlangsung sederhana dan meriah. Foto Ist

Binjai- Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Sri Ulina Ginting, menghadiri syukuran hari jadi ke-2 Komunitas Sastra Masyarakat Binjai (Kosambi) di Jalan Palembang No 16 Kelurahan Rambung Timur, Kecamatan Binjai Selatan, Sabtu (20/02/2021). 

"Selamat ulang tahun Kosambi yang ke-2, semoga semakin menginspirasi dan sukses mewujudkan cita-cita mulia yang dipersembahkan untuk masyarakat Sumatera Utara, yaitu khususnya Kota Binjai sebagai episentrum Sastra di Indonesia," paparnya dihadapan sejumlah pendiri Kosambi, diantaranya Dr Tengku Suhaimi SH MH (Tsi Taura), Suyadi San HM Yunus Tampubolon, Ketua Kosambi, Sarifuddin Lubis MPd, Sastrawan Sumut, Porman Wilson Manalu dan pengurus Kosambi Kota Binjai.

Ia memuji pengurus Kosambi yang tetap membuat beragam kegiatan di masa pandemi Covid-19. Menurutnya, pengurus harus terus kreatif menemukan pola baru dalam mengeksekusi program menjadi satu sajian karya sastra yang mampu menyentuh hati publik. 

"Tetap pada tujuan Kosambi yaitu menggali dan menumbuhkembangkan potensi sastra generasi muda di Kota Binjai. Selama Pandemi Covid 19, pengurus Kosambi akan siap membuat berbagai upaya kreatif sebagai cara untuk mengoptimalkan dunia virtual dalam berkarya," sebutnya.

Sebelumnya, Pendiri sekaligus Penasihat Kosambi, Dr Tengku Suhaimi SH MH, menjelaskan, Kosambi hadir memberikan perhatian dan kepedulian kepada para seniman di Sumut. Selama dua tahun hadir, lanjutnya, Kosambi bukan sekadar meramaikan khasanah sastra, melainkan juga berupaya mewujudkan cita-cita untuk menumbuhkembangkan potensi sastra pada generasi muda Sumut, khususnya di Kota Binjai. 

"Terimakasih kepada Pemko Binjai, melalui Ibu Sri Ulina yang telah mendukung kegiatan ini dengan syarat tetap mematuhi protokoler kesehatan," tuturnya.

Sementara, Ketua Kosambi, Sarifuddin Lubis, mengemukakan, setiap bulan, bahkan tidak jarang seminggu sekali, pihaknya melahirkan sejumlah kegiatan sastra yang menginspirasi.

"Kita berupaya mengeksplorasi kearifan lokal di sekitar wilayah Kota Binjai dan Langkat sekaligus merawat jati diri anak bangsa," harap Sarifuddin.

Pihaknya berencana meluncurkan kegiatan terbaru yakni Pusat Arsip dan Dokumentasi. Nantinya kegiatan difokuskan di Perpustakaan Kosambi yang telah menngoleksi 30 ribu jenis buku. 

"Kita berencana membuka Kelas Baca, Kelas Menulis, Kelas Workshop dan Kelas Diskusi di Perpustakaan Kosambi," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan, kegiatan berlangsung sekira pukul 10.00 WIB dengan menghadirkan musikalisasi puisi, pembacaan puisi, penayangan testimoni para tokoh dan sahabat Kosambi, anugerah sastra Kosambi, pertunjukan teater anak yang menampilkan teras budaya bertajuk 'Hikayat Datuk Landak' (diangkat dari cerita rakyat Bahorok). Ian

Komentar

Berita Terkini