|

Tiga Desa di Briem Bayeun Terendam

Banjir melanda tiga desa di Kecamatan Briem Bayeun akibat sungai meluap setelah hujan deras pada Rabu (20/01/2021). Foto Ist

Aceh Timur- Hujan lebat yang terjadi di sejumlah kawasan Kecamatan Briem Bayeun Kabupaten Aceh Timur pada Rabu (20/01/2021) sekira pukul 08.30 WIB mengakibatkan meluapnya sungai. Dampaknya, rumah yang dihuni sebanyak 505 jiwa di tiga desa, yakni Alur Nyamuk, Paya Bili Satu dan Paya Bili Dua  terendam air.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur melaporkan, tinggi air berkisar 20-80 centimeter. Sementara kerugian moril sementara, berkisar 185 rumah warga kebanjiran. Bahkan, pihak BPBD setempat mencatat sebanyak 40 warga terpaksa mengungsi.  

"Saat ini, BPBD Kabupaten Aceh Timur melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan instansi terkait dalam melakukan evakuasi dan penanganan pascabanjir," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Dr Raditya Jati, dalam keterangan persnya di Jakarta. 

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Timur, berpotensi mengalami hujan ringan sampai sedang hingga tiga hari mendatang. 

“BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi musim hujan yang akan terjadi sejumlah wilayah hingga akhir Februari 2021,” sebutnya. Ril


Komentar

Berita Terkini