|

Kolam Penampungan, Solusi Banjir di Marelan

Calon Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, berbincang dengan warga Medan Marelan saat meninjau Benteng Sungai Deli, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (04/11/2020). Foto Ist 

Medan- Calon Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, mengusulkan pembangunan kolam penampungan (folder) dan pengadaan pompa air sebagai solusi mengatasi banjir di kawasan Medan Marelan. Hal itu dikemukakannya saat berkunjung ke Benteng Sungai Deli, Medan Labuhan, Rabu (04/11/2020).

Ia mengemukakan, permukaan daratan di kawasan Medan Marelan lebih rendah dari Sungai Deli, sehingga bila hujan deras, airnya tidak mengalir ke Sungai Deli. Sebaliknya, justru air sungai meluap ke daratan, sehingga terjadi banjir.

"Solusi yang bisa dibuat secara teknis adalah memakai pompa dan membangun kolam folder air, sehingga air dari daratan dialirkan ke folder, dan selanjutnya air dipompa ke Sungai Deli," paparnya.

Akhyar menyatakan, kolam penampungan yang dibangun nantinya akan dibuat dengan sekat-sekat pembentengan, sehingga teratur antrian airnya dan dipompa air dari kolam ke Sungai Deli. Ditambahkannya, cara kerja folder penampungan itu sangat sederhana. Di kolam penampungan itu akan disiapkan rumah pompa dan menyiapkan pekerja untuk rutin memompa genangan air yang ada.

“Untuk realisasinya, kita akan melakukan kerja sama dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) sebagai 'penguasa sungai',” tuturnya.

Namun, kata Akhyar, konsep pompa dan kolam penampungan itu hanya berlaku untuk kawasan Marelan dan tidak bisa diterapkan di Medan Labuhan, karena memiliki karakteristik berbeda, meski permasalahannya sama yakni banjir.

Salah seorang warga setempat, Abah Salman, menyambut positif gagasan tersebut. Menurutnya, membuat kolam penampungan yang airnya akan dipompa ke sungai cukup efektif mengatasi masalah banjir di kawasan itu.  

“Luar biasa solusi dari Pak Akhyar untuk mengatasi banjir di wilayah Medan Marelan yang begitu rendah resapan paritnya dan sering tersumbat serta jumlah paritnya juga masih terbatas," pujinya. 

Hal senada disampaikan, seorang Warga lainnya, Selamet. Ia menilai, solusi pengentasan banjir di Medan Marelan yang ditawarkan Akhyar cukup positif.

“Struktur kendala geografis memang harus diselesaikan dengan teknologi lewat sistem pompa secara rutin. Sangat positiflah dan lebih realistis,” tandasnya. Fey


Komentar

Berita Terkini