|

Anggota DPRD Sumut dan Staf Tes Swab

Kutipan surat pihak GTPP Covid-19 Sumut kepada Sekretariat DPRD Sumut terkait rencana pelaksanaan Tes Swab, Selasa (29/09/2020). Foto Isvan

Medan- Segenap unsur Ketua, wakil dan anggota DPRD Sumut beserta staf ASN dan non ASN menjalani tes swab di Sekretariat DPRD Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (29/09/2020). Hal itu dilakukan dalam rangka tracing guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan Sekretariat DPRD. 

Berdasarkan surat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemprov Sumut nomor 414/GTCOVID-19/IX/2020 yang ditandatangani Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahid selaku Ketua GTPP Covid-19 Sumut, disebutkan tes swab dilakukan sehubungan dengan terpaparnya anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara setelah mengikuti Raker DPRD Provinsi Sumatera Utara di Balige. 

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, diminta kepada Sekretaris DPRD Sumut untuk menerapkan physical distancing, mewajibkan penggunaan masker dan menyiapkan fasilitas cuci tangan, sabun/hand sanitizer serta menyediakan alat pengecekan suhu badan di pintu masuk. 

Jika ditemukan peserta dengan suhu > 37.5°C selama dua kali pemeriksaan dengan jarak 5 menit, tidak diperkenankan memasuki ruangan. Selain itu, dilakukan sterilisasi lokasi dengan menggunakan disinfektan sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan.

Kemudian, mengatur jarak antrian pada saat memasuki tempat minimal 1,5 meter dan menghindari kontak fisik secara langsung seperti bersalaman atau berpelukan.

Rencana tes swab dibenarkan Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Senin (28/09/2020). Dikatakannya, tes swab dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan anggota DPRD Sumut dan staf.

“Kita tidak bisa memaksa orang untuk swab. Jadi tes swab besok bagi yang mau. Tapi kita harus mengetahui kondisi kesehatan kita, maka saya imbau ikut tes swab. Kalau hasil pemeriksaan besok diketahui ada yang positif, ya berobat,” ujar Baskami yang mengaku dirinya sudah tes swab. 

Sebagaimana diberitakan beberapa anggota DPRD Sumut diketahui positif Covid-19 berdasarkan hasil test swab. Terakhir, Ketua Komisi E, Dimas Tri Aji terkonfirmasi positif Covid-19 usai menjalani test swab pekan lalu. Isvan

Komentar

Berita Terkini