|

USU Lantik 981 Wisudawan

Sebagian kecil wisudawan USU yang dilantik secara daring, Senin (20/07/2020). Foto Ist
Medan- Sebanyak 981 wisudawan Universitas Sumatera Utara (USU) mengikuti prosesi wisuda periode III tahun akademik 2019/2020 secara daring (dalam jaringan atau online) Senin (20/07/2020). 

"Hari ini ada sebanyak 981 wisudawan, terdiri atas, 31 orang untuk program doktor, 154 orang program magister, enam orang untuk program magister dan dokter spesialis, 16 orang untuk program pendidikan dan dokter spesialis, 15 orang program pendidikan dan dokter gigi spesialis, 21 orang program dokter jenjang magister, 151 orang untuk program profesi, 575 orang program sarjana dan 12 orang program diploma," papar Rektor USU, Prof Runtung Sitepu dalam sambutannya.

Ia mengklaim, sebanyak 206 wisudawan diantaranya lulus dengan predikat cumlaude. Bahkan, salah seorang diantaranya, yakni Deni Holden Simbolon dari Program Doktor meraih Indeks Prestasi Kumulatif 4.00. Pihaknya berharap, para wisudawan dapat menciptakan lingkungan yang mendorong pertumbuhan inovasi dan kreativitas di kalangan mahasiswa dan akademisi. Selain itu, mampu melahirkan berbagai kebijakan yang berpijak pada percepatan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi dalam berbagai aspek.

"Hingga Juli 2020, sejumlah prestasi telah diraih USU, salah satunya, menduduki peringkat lima setelah Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Institut Pertanian Bogor, berdasarkan pemeringkatan Science and Technology Index (SINTA) yang diumumkan Menristek-BRIN pada 27 Mei 2020," sebutnya.

Tidak hanya itu, kata Prof Runtung, dari 500 peneliti terbaik yang diumumkan Menristek-BRIN pada 27 Mei 2020, sebanyak 22 orang dosen USU masuk didalamnya. Menariknya, nama Prof Basuni dari Fakultas Kehutanan USU, berada di posisi 14. Begitu juga permohonan Patent ke Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkum-HAM 2019, pihak USU berada di peringkat tujuh dengan jumlah 96 permohonan dan yang terbit di tahun 2019 sebanyak 35 sertifikat Patent.

“Kita targetkan di tahun 2020 ini kita bisa dapatkan 50 sertifikat Patent,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Prof Runtung menyatakan, di tengah situasi pandemi Covid-19, pihak USU terus bergiat melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung tercapainya kegiatan pendidikan berkualitas. Saat ini, lanjutnya, Kampus USU di kawasan Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang, sudah dilengkapi gedung baru Fakultas Kehutanan dengan berbagai fasilitas pendukung yang siap digunakan. Demikian pula Wisma Internasional yang telah berdiri megah di areal kampus USU Padangbulan Medan, segera difungsikan sesuai tujuan pendiriannya.

Pada wisuda kali ini, penyerahan ijazah oleh Rektor dilakukan secara simbolis diwakili Febri Indra Gunawan Sitorus, peraih nilai tertinggi dari Fakultas Hukum dan Miftahurrahmah El Hayatli (Fakultas Kesehatan Masyarakat). Fey
Komentar

Berita Terkini