|

Desa Sena Jadi Kota Baru di Deliserdang

Gubsu Edy Rahmayadi memaparkan rencananya menjadikan Desa Sena Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang sebagai kota baru, kepada Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil, Rabu (29//07/2020). Foto Ist
Batangkuis- Gubsu Edy Rahmayadi berencana menjadikan Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang, sebagai kota baru. Hal itu dikemukakannya saat mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil meninjau lokasi Sport Centre di Batangkuis, Rabu (29/07/2020).

“Ini akan menjadi kota baru di Deli Serdang dan kami juga telah berkoordinasi dengan Bupati Deli Serdang dalam menyiapkan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR),” sebut Gubsu Edy yang hadir bersama Kepala BPN Sumut, Dadang Suhendi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut, Effendy Pohan serta pejabat lainnya.

Pihaknya berencana, kawasan fasilitas olahraga bertaraf internasional tersebut akan dilalui jalur Kereta Api dan Moda Raya Terpadu (MRT). Guna mengantisipasi terjadinya kemacetan lalulintas, akan dilakukan pelebaran jalan umum di kawasan tersebut.

"Rencana proyek pembangunan ini di dua lahan, yakni lahan seluas 92,8 hektar untuk sarana Sport Centre dan lahan 7,02 hektar untuk bisnis center," sebutnya.

Menteri ATR /Kepala BPN Sofyan Djalil mendukung pembangunan Sport Centre dan meminta untuk melakukan pengawasan dalam pembangunan. Diharapkan, seluruh bangunan dan konstruksi lainnya dapat kokoh dan bertahan lama.

“Saya pastinya sangat mendukung pembangunan dan wacana kota baru Pak Gubernur ini. Yang utama harus diawasi dalam pembangunan nantinya, agar seluruh bangunan kokoh dan kuat untuk yang waktu lama,” ucap Sofyan Djalil.

Kepala BPN Sumut, Dadang Suhendi, mengemukakan, dalam waktu dekat pihaknya beserta Pemrov Sumut akan menyelesaikan kerohiman untuk 332 masyarakat yang telah melakukan cocok tanam dan pembangunan tempat tinggal di lokasi tersebut.

“Kita telah melakukan pendataan seluruhnya dan akan berkordinasi dengan Pemprov Sumut,” katanya.

Sementara, Kepala Dispora Sumut, Baharuddin Siagian menyatakan dalam 4 tahun ini Pemprov Sumut akan menyelesaikan pembangunan di Sport Centre. Nantinya, di tengah lokasi akan dibangun stadion utama berkapasitas 75.000 penonton dengan desain gedung stadion berbentuk kelapa sawit.

“Langkah yang akan kita lakukan adalah melakukan sosialisasi untuk mengganti tanaman dan bangunan yang ada di atasnya karena ada penggarap. Selanjutnya kita akan melaksanakan pembangunan-pembangunan secara bertahap dimulai dari 2021," urainya.

Ia menambahkan, pada 14 Agustus 2020, tahap pelaksanaan ground breaking segera dilaksanakan. Menurutnya percepatan pembangunan ini untuk mengejar rencana Sumut menjadi tuan rumah PON ke-21 tahun 2024, bisa terwujud. Dra

Komentar

Berita Terkini