|

121 Karyawan Aqua Farm Reaktif

Bupati Sergai, Ir H Soekirman, (pakai topi) saat melakukan supervisi pada kegiatan rapid test yang digelar PT Aqua Farm Nusantara di Desa Sei Nagalawan Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (30/07/2020). Foto Ist 
Pantai Cermin- Sebanyak 121 orang dari 2.200 karyawan PT Aqua Farm Nusantara yang mengikuti rapid test di kantor perusahaan tersebut, kawasan Desa Sei Nagalawan Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), dinyatakan reaktif, Kamis (30/07/2020).  

Menurut HRD PT Aqua Farm, David Tampubolon, kegiatan ini sesuai rekomendasi Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit MKes, dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 di area perusahaan.

"Selama pandemi Covid-19, pihak perusahaan telah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, mulai pemeriksaan suhu tubuh, wajib mencuci tangan, memakai masker serta menjaga jarak saat bekerja," paparnya di sela kegiatan.

Selain itu, kata David, para pengunjung yang hendak masuk ke lokasi perusahaan juga diwajibkan mengisi formulir bebas Covid-19. Pada pelaksanaan rapid test ini, pihaknya menyediakan alat rapid test dan tim medis berasal dari Dinas Kesehatan Sergai.

"Terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya yang hadir dalam rangka supervisi pelaksanaan rapid test hari ini," sebut David.

Ia mengklaim, pihak perusahaan meminta kepada karyawan yang dinyatakan reaktif untuk melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pembayaran gaji secara penuh, sehingga karyawan dapat menjalankan karantina secara tenang. 

Menanggapi hal itu, Bupati Sergai, Ir H Soekirman mengapresiasi kegiatan rapid test yang dilaksanakan PT Aqua Farm. Apalagi, sejak pandemi Covid-19, diketahui pihak perusahaan telah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Hal itu sesuai Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Penerapan New Normal, yakni perusahaan maupun perkantoran diwajibkan menerapkan poin-poin pada Kepmenkes itu untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bupati Sergai, Ir H Soekirman mendengar penjelasan tim medis seputar pelaksanaan rapid test. Foto Ist 
"Saya berharap, pihak perusahaan bisa lebih memperketat penerapan protokol kesehatan karena beberapa karyawan sudah terkonfirmasi positif Covid-19 pada pemeriksaan sebelumnya," ujarnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit MKes, menyatakan, sebanyak 121 orang karyawan yang dinyatakan reaktif itu akan mengikuti swab test untuk memastikan kondisi kesehatannya.

"Rapid test ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di perusahaan atau pun perkantoran," tegasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga untuk merespon usulan Tim Pansus II Covid-19 DPRD Sumut, yang sangat peduli dengan kondisi pandemi di Kabupaten Sergai, beberapa waktu lalu. 

Tampak hadir pada kesempatan itu, Kadis Nakerkopum Drs Nasrul Aziz Siregar, Camat Pantai Cermin, Aminuddin SSos, unsur Dinas Kesehatan serta para karyawan PT Aqua Farm Nusantara. Ali


Komentar

Berita Terkini