|

13 Kabupaten Kota Di Sumut Aman Covid-19

Juru bicara GTPP Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah MM di Posko Jalan Sudirman No 41 Medan, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Medan- Ternyata, 13 dari 33 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Provsu) relatif aman dari pandemi Corona virus disease (Covid)-19. Indikasi itu terlihat dari status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), pasien positif, meninggal atau pun sembuh yang hingga kini masih nihil. 

"Hingga kini belum ada laporan soal pandemi Covid-19 dari 13 kabupaten/kota di Sumatera Utara, yakni Batubara, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Kota Sibolga, Kota Gunung Sitoli, Nias, Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat dan Pakpak Bharat," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, dr Aris Yudhariansyah MM, di Posko Jalan Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (28/04/2020).

Pihaknya mencatat, hingga kini sebanyak 20 kabupaten/kota di Provsu telah terpapar Covid-19. Di Kota Medan, misalnya, sebanyak 80 orang berstatus PDP, 83 orang positif RT-PCR, 9 orang meninggal dan 29 orang sembuh. Begitu juga di Kabupaten Deliserdang, 20 orang PDP, 11 orang positif RT-PCR, 2 orang meninggal dan 3 orang sembuh.

Berikutnya, Kabupaten Serdangbedagai yang memiliki 6 orang berstatus PDP, Kota Pematangsiantar 4 orang PDP, 3 orang positif RT-PCR dan 3 orang sembuh, serta di Kabupaten Simalungun dilaporkan 11 orang PDP dan 2 orang positif RT-PCR.

"Untuk Kabupaten Asahan, pihak GTPP Covid-19 Sumut menerima laporan, sebanyak 4 orang positif RT-PCR dan 1 orang meninggal," tuturnya.

Aris mengklaim, Kota Tanjung Balai hanya merawat 2 orang PDP, serta Kota Binjai memiliki 1 orang berstatus positif RT-PCR dan 1 orang dinyatakan sembuh. Tidak jauh berbeda kondisi di Kota Tebingtinggi yang memiliki 1 orang berstatus RT-PCR dan 2 PDP di Kota Padangsidimpuan. Kemudian, 5 orang berstatus PDP di Kabupaten Langkat, serta Tanah Karo memiliki 1 orang berstatus positif RT-PCR dan 1 orang dinyatakan sembuh.

"Di Kabupaten Labuhanbatu, ada 1 orang berstatus PDP, 1 orang positif RT-PCR dan 1 orang dinyatakan sembuh. Sementara, di Kabupaten Tapanuli Utara, sebanyak 1 orang berstatus positif RT-PCR dan di Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki 1 orang berstatus PDP," sebut Aris.

Dikemukakannya, Kabupaten Dairi memiliki 1 orang berstatus positif RT-PCR dan 1 orang sembuh, sama seperti di Kabupaten Toba yang dilaporkan 1 orang positif RT-PCR dan 1 orang sembuh. Selanjutnya, di Kabupaten Padang Lawas 1 orang berstatus PDP, Labuhanbatu Utara ada 3 orang PDP dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan memiliki 2 orang PDP.

"Update data Covid-19 Sumut per 28 April 2020 sekira pukul 16.00 WIB, jumlah PDP yang dirawat sebanyak 138 orang, positif dengan hasil rafid test (RT) dan PCR ada 111 orang dan meninggal 12 orang. Alhamdulillah, pasien sembuh sehari sebelumnya yang berkisar 35 orang, hari ini meningkat menjadi 40 orang," tandasnya. Hendra
Komentar

Berita Terkini