|

Warga Bumi Asri Medan Antisipasi Covid-19

Salah seorang warga Kompleks Bumi Asri Medan, Hj Riswati Pohan, memberikan cairan Eco Enzim kepada jiran dan tetangga dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19, Selasa (24/03/2020). Foto Fey
Medan- Banyak cara meminimalisir penyebaran Corona virus desease (Covid) 19. Salah satunya, membagikan cairan Eco Enzim kepada para kerabat, seperti yang dilakukan sejumlah ibu rumah tangga di kawasan Komplek Perumahan Bumi Asri kawasan Jalan Asrama Medan.

“Meminimalisir penyebaran Covid-19 butuh aksi nyata seperti ini, bukan sekadar imbauan, termasuk menyebarkan berita berita terkait virus inidi media sosial yang belum tentu kebenarannya,” ungkap Hj Riswati Pohan, usai menyerahkan beberapa botol cairan Eco Enzim kepada para kerabat di kediamannya Blok F nomor 51, Selasa (24/03/2020).

Ia memuji pihak Yayasan Budaya Hijau Indonesia yang concern memanfaatkan Eco Enzim dalam keseharian, termasuk dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah Sumut.

“Pemanfaatan bahan ramah lingkungan sudah menjadi suatu keharusan bila ingin hidup sehat,” tegas ibu dari seorang putri dan tiga orang cucu ini.

Hj Riswati Pohan rutin menyemprotkan cairan Eco Enzim ke bagian dalam dan luar kendaraan pribadinya. Foto Fey
Hal serupa juga dilakukan seorang ibu rumah tangga yang berdomisili di Blok G nomor 212, Hj Ikam Tating.

“Saya hanya berusaha untuk membantu sesama dengan berbagi cairan berbahan ramah lingkungan dalam upaya meminimalisir penyebaran virus Corona,” sebutnya.

Sementara, seorang warga lainnya, H Syahrial, justru tidak asing lagi dengan cairan Eco Enzim. Ia mengklaim, telah lama membuatnya sendiri dari sisa limbah memasak, baik sayur-mayur segar maupun kulit buah yang hendak dikonsumsinya.

“Selama ini, Eco Enzim saya buat sendiri untuk pupuk tanaman di depan rumah,” papar pria yang hobi bertanam dan bermukim di Blok A nomor 30 itu.

Secara terpisah, Relawan Eco Enzim Indonesia, Ir John Albertson Sinaga, memuji upaya yang dilakukan kaum ibu di kawasan Komplek Perumahan Bumi Asri Medan dalam meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Harus saya akui, ibu-ibu di Kompleks Bumi Asri memang berpikiran jauh ke depan karena tidak lagi sibuk membahas Covid-19 di media sosial, tapi lebih dari itu, membantu sesama melalui pemberian cairan Eco Enzim, bukan produk berbahan kimia,” ujarnya saat ditemui di kawasan Medan Johor.

Seorang Relawan Eco Enzim Indonesia, Ir John Albertson Sinaga saat menjelaskan, kegunaan cairan itu bukan untuk membasmi Covid-19, melainkan sebagai tindakan awal dari pencegahan pada diri pribadi, di kawasan Medan Johor, Selasa (24/03/2020). Foto Fey 
Ia mengklaim, cairan Eco Enzim cukup banyak mengandung bakteri asam laktat, ethanol, asam asetat, dan H2O2 atau Hidrogen Peroksida. Menurutnya, semua bahan-bahan itu diyakini mampu menghambat perkembangan sekaligus pertumbuhan mikrobia, termasuk virus.

“Perlu diingat, Eco Enzim digunakan bukan untuk membasmi Covid-19, tapi hanya tindakan pencegahan diawali dari diri pribadi kita masing-masing,” tandasnya. Fey

Komentar

Berita Terkini