|

RS GL Tobing Posko Evakuasi Utama Covid-19

Gubsu Edy Rahmayadi berdialog dengan pihak manajemen rumah sakit setelah menetapkan lokasi evakuasi utama dan cadangan pasien suspect Corona virus desease (Covid) 19, Rabu (18/03/2020). Foto Ist  
Tanjungmorawa- Gubsu Edy Rahmayadi menetapkan Rumah Sakit (RS) GL Tobing/Medical PTPN 2 Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, sebagai lokasi evakuasi utama pasien suspect Corona virus desease (Covid) 19. Sebagai cadangan sekaligus posko penerimaan laporan masyarakat, ditunjuk RS Sari Mutiara di kawasan Jalan Kapten Muslim Medan.

“Kita menyiapkan satu tempat evakuasi utama di rumah sakit ini. Jadi seluruhnya baik yang dalam pantauan atau sudah terjangkit kita siapkan di sini. Difokuskan di sini, sehingga seminimal mungkin penyebaran Covid-19 bisa ditekan,” papar Gubsu Edy usai meninjau seluruh sarana dan prasarana di Rumah Sakit GL Tobing/Medical Tembakau Deli PTPN II Tanjungmorawa, Rabu (18/03/2020).

Ia mengemukakan, sejumlah pasien yang sedang dirawat di RS GL Tobing bakal dipindahkan untuk mempersiapkan penanganan Covid-19.

“Beberapa tim Satgas akan bertugas di sini. Segala kelengkapan akan dibantu dari rumah sakit lainnya baik berupa tempat tidur, tenda dan lainnya,” tegas Gubsu Edy yang langsung berkunjung ke RS GL Tobing usai menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh pihak rumah sakit (RS) se-Sumatera Utara (Sumut) dan menginstruksikan penyediaan ruangan isolasi.

Setelah beberapa saat berdialog dengan Dirut PTPN 2 Tanjungmorawa, Iswan Achir dan Kepala RS GL Tobing, Novi Fitriani, Gubsu kemudian menuju RS Sari Mutiara Medan. Tampak hadir pada kesempatan itu, Ketua Satgas Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis beserta anggota tim serta Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Deliserdang.

Di RS Sari Mutiara Medan, Gubsu Edy mengimbau masyarakat untuk segera melapor ke RS terdekat bila merasakan gejala demam tinggi. Nantinya, RS dimaksud akan memeriksa masyarakat tersebut, sebelum dikirim ke tempat evakuasi yang telah ditetapkan pemerintah.

"Segera ke rumah sakit terdekat atau langsung saja ke Rumah Sakit Sari Mutiara untuk diperiksa," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubsu Edy mengingatkan seluruh pengelola RS untuk tidak menolak masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatannya. “Mulai hari ini evakuasi utama dan cadangan sudah dipersiapkan dan mulai bertugas,” tukasnya lantas menambahkan, lokasi evakuasi cadangan akan diisi SDM dari tenaga medis rumah sakit swasta serta dikawal petugas keamanan. Hendra

Komentar

Berita Terkini