|

Kabupaten Tobasa Resmi Jadi Toba

Gubsu Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Provsu, Hj Nawal Lubis melepas balon sebagai pertanda Kabupaten Tobas bergantinama menjadi Kabupaten Toba, dalam peringatan HUT ke-21 kabupaten tersebut di Lapangan SM Raja XII kawasan Jalan Mulia Raja Balige, Sabtu (14/03/2020). Foto ist
Balige- Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) resmi berganti nama menjadi Kabupaten Toba, saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 kabupaten tersebut di Lapangan SM Raja XII, kawasan Jalan Mulia Raja Balige, Sabtu (14/03/2020).

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-21 untuk Kabupaten Toba dan peresmian perubahan nama baru. Kita jadikan hari ini sebagai momentum untuk merefleksikan hal-hal baik yang perlu dipertahankan dan hal-hal yang harus segera diperbaiki,” ujar Gubsu Edy Rahmayadi, didampingi Ketua TP-PKK, Hj Nawal Lubis dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprovsu.

Dihadapan sejumlah tamu dan undangan, Gubsu Edy memuji potensi luar biasa yang dimiliki Kabupaten Toba. Salah satunya Danau Toba. "Tuhan menitipkan Danau Toba yang memiliki keindahan luar biasa," ujarnya.

Sesuai tema HUT Kabupaten Toba, yakni 'Bersatu Membangun Toba', Gubsu Edy mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama dan bersatu membangun Sumut.

"Kita maksimalkan potensi luar biasa yang diberikan Tuhan di Sumatera Utara," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Irjen Kemendagri, Tumpak Simanjuntak mewakili Menteri Dalam Negeri, menyampaikan beberapa arahan dan bimbingan dari Mendagri. Salah satunya, perubahan nama Kabupaten Tobasa menjadi Toba diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2020.

“Arahan dari Bapak Mendagri sesuai dengan Peraturan Pemerintah itu,  agar seluruh perangkat Pemkab, unsur Forkopimda maupun instansi vertikal melakukan penyesuaian administrasi dalam jangka waktu satu tahun sejak diundangkan. Kemudian, perubahan nama ini juga harus disosialisasikan bagi segenap lapisan masyarakat,” tuturnya.

Ia juga menyinggung potensi wisata Kabupaten Toba yang luar biasa khususnya Danau Toba. Menurutnya, pengembangan pariwisata hanya bisa terwujud dengan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Hanya dua kunci dari pariwisata sebenarnya, yaitu aman dan nyaman. Saya yakin, masyarakat Toba mau bersatu dan melakukan yang terbaik untuk kebaikan daerah ini,” sebutnya.

Bupati Toba, Darwin Siagian menyampaikan apresiasi dan terima kasih untuk kedatangan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Irjen Kemendagri Tumpak Simanjuntak dalam peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Toba.

“Hari ini kami berbahagia dan bersyukur, setelah dua tahun akhirnya perubahan nama kabupaten bisa diresmikan,” ucap Darwin.

Darwin mengakui, kurang lebih empat tahun memimpin Kabupaten Toba bersama Wakil Bupati Hulman Sitorus, masih banyak kekurangan dan kemajuan yang akan berupaya untuk terus diperbaiki sekaligus ditingkatkan

"Beberapa prestasi diantaranya, menjadikan Kabupaten Toba sebagai peringkat kedua IPM tertinggi di Sumut, mengalirkan listrik ke puluhan dusun, pengadaan Bank Sampah dan sistem daur ulang untuk menjaga kebersihan Kabupaten Toba, dan lainnya," urainya. Hendra
Komentar

Berita Terkini