|

Tani Kreatif Gedung Johor Terima Sertifikat Organik

Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan, Ikhsar Marbun menyerahkan Seertifikat Organik kepada pihak P4S Tani Kreatif di Jalan Eka Rasmi Gang Eka Rosa II Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor, Kamis (16/01/2020). Foto Ist
Medan- Kepala Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan, Ikhsar Marbun menyerahkan sertifikat organik kepada pihak Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Tani Kreatif di Jalan Eka Rasmi Gang Eka Rosa II Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor, Kamis (16/01/2020).

“Pemberian Sertifikat Organik untuk Ruang Lingkup Sayur ini karena P4S Tani Kreatif secara konsisten telah memenuhi persyaratan SNI dan menggunakan sistem pertanian organik melalui Internal Control System (ICS),” papar Ikhsar mewakili Plt Wali Kota Medan, H Akhyar Nasution.

Pihaknya berharap, P4S Tani Kreatif mampu menghadirkan produk pangan organik yang berkualitas. Selain itu, mampu mendorong kelompok tani lainnya untuk mendapatkan sertifikat organik.

"Minat masyarakat menggunakan produk pertanian organik semakin meningkat. Momen ini yang harus bisa dimanfaatkan para petani untuk meningkatkan kesejahteraan karena harga jualnya lebih tinggi," ujarnya.

Ikhsar mengklaim, pihak Pemko Medan berupaya memfasilitasi kelompok tani untuk mendapatkan sertifikat organik demi menghadirkan produk pangan organik berkualitas.

“Ajukan proposal lahan pertaniannya ke Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan agar bisa dibantu dan difasilitasi untuk memperoleh Sertifikat Organik,” sebutnya.

Usai menerima sertifikat organik yang diterbitkan Lembaga Sertifikat Organik Seloliman (LeSos), Ketua P4S Tani Kreatif, Juliana Astuti mengaku bersyukur karena akan meningkatkan nilai tambah sekaligus daya saing produk organik, selain menjaga keamanan mutu pangan organik.

"Terima kasih kepada Pemko Medan yang telah memfasilitasi Tani Kreatif mendapatkan sertifikat organik," ujarnya.

Ia menjelaskan, kelompok Tani Kreatif telah membudidayakan pertanian organik secara tradisional sejak tahun 2010 dengan jumlah komoditas tanaman sebanyak 82 jenis di dua lahan pertanian, yakni di Taman Cadika Gedung Johor seluas 3 hektar (ha) dan di Jalan Eka Rasmi Gang Eka Rosa seluas 0,2 ha. Fey 

Komentar

Berita Terkini