|

Sergai Peringati Harganas


Perbaungan- Wakil Bupati (Wabup) Serdangbedagai (Sergai), Provinsi Sumatera utara (Sumut), H Darma Wijaya SE membuka kegiatan Bhakti Sosial TNI Manunggal Keluarga Berencana-Kesehatan (KB-Kes) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2019 di Lapangan Sepakbola Kebun Adolina Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaunga, Selasa (6/8/2019).

Pihaknya berharap, kegiatan ini akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga. Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi peran-serta TNI dalam keberhasilan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

"TNI merupakan mitra kerja yang sangat potensial dalam mempercepat pencapaian keberhasilan program sehingga bisa meminimalisir angka kelahiran," paparnya dalam kegiatan bertajuk "Hari Keluarga, Hari Semua” dengan tagline “cinta keluarga, cinta terencana.

Ia mengemukakan, hal itu akan berdampak terhadap peningkatan di bidang kesehatan, pendidikan dan perekonomian masyarakat. Disebutkannya, Harganas memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga, sekaligus meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan delapan fungsi keluarga.

"Ada delapan fungsi keluarga yang harus diterapkan, yaitu agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial dan budaya serta lingkungan," tuturnya.

Sementara, Kepala BKKBN Sumut, Drs Temazaro Zega MKes mengapresiasi Bupati Sergai dan jajarannya yang telah memberikan dukungan nyata dalam menyukseskan program KKBPK.

"Peringatan Harganas diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas," sebutnya.

Hal senada disampaikan Dandim 0204/DS, Letkol (KAV) Syamsul Arifin SE MTr (Han). Menurutnya, kegiatan bakti sosial ini dapat menyosialisasikan secara luas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

“Program ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam upaya mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, agar seimbang dengan ketersediaan pangan dan energi," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum yang juga Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0204/DS, Lettu (Kav) Sudirno melaporkan, ada empat poin kegiatan pencanangan bakti sosial TNI Manunggal KB-Kes, yaitu melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE), home visit KB bagi masyarakat Kecamatan Perbaungan, melakukan pelayanan KB dengan Perkiraan Permintaan Masyarakat (PPM) selama tiga bulan, yakni Juli-September 2019, melakukan pelayanan KB Kesehatan Umum Gratis dan Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) serta Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR)


Ketua Panitia Penyelenggara Temu Ramah Keluarga, Hj Marliah Soekirman yang ditemui di sela kegiatan menyatakan, Harganas meningkatkan peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta tentang pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa.

"Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara," tukasnya.

Tampak hadir, Ketua DPRD Sergai, H Syahlan Siregar ST, Kepala BPS Sergai, Herman SE MSi, Perwakilan Polres Sergai dan Tebingtinggi, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat dan Kepala Desa se-Sergai, serta Pengurus Andalan Kelompok UPPKS (AKU) Provinsi Sumut.
Pada kesempatan itu, dilakukan pelantikan kepengurusan AKU Sergai. Sekadar informasi, kepengurusan AKU di Sergai ini menjadi yang pertama di Sumut. AA

Komentar

Berita Terkini