|

GSBA Makan Bersama Sambut Muharram 1441 H

Suasana "Makan Bersama" dengan menu Nasi Briyani menyambut bulan Muharram 1441 H di kediaman seorang pembina GSBA, FX Husain di Komplek Perumahan Bumi Asri Blok G 37 Medan, Sabtu (31/8/2019) malam. Foto Ikbal 
Medan- Komunitas Gowes Subuh Bumi Asri (GSBA) yang bermarkas di Komplek Bumi Asri kawasan Jalan Asrama Medan memiliki cara sendiri dalam menyambut kehadiran bulan Muharram 1441 H. Makan bersama dengan menu Nasi Briyani di kediaman salah seorang pembina GSBA, menjadi pilihan dalam upaya meningkatkan silaturahim antar sesama anggota. 

"Muharram merupakan bulan yang dimuliakan Allah. Selama Muharram, tidak boleh umat Islam berperang, harus damai, sama seperti tujuan makan bersama ini," ungkap tokoh masyarakat Kompleks Perumahan Bumi Asri Medan, H Harianto, saat menghadiri acara makan bersama yang digelar di Blok G 37, Sabtu (31/8/2019) malam.

Dikemukakannya, banyak amalan yang dianjurkan selama bulan Muharram, salah satunya puasa sunnah Muharram yang terdiri dari "Puasa Tasu'a" dan "Puasa Asyura". Harianto menjelaskan, Puasa Tasu'a dilaksanakan pada 9 Muharram dan Puasa Asyura di tanggal 10 Muharram. Selain itu, kata Harianto, umat muslim dianjurkan memperbanyak amalan saleh selama Muharram, baik berzikir, bersedekah, hingga membaca Al-Qur'an sekaligus mengamalkannya.

"Bukan berarti di bulan lain kita bisa meninggalkan seluruh perintah Allah. Tapi, sangat rugi kalau bulan Muharram tidak dimanfaatkan untuk meningkatkan ibadah kepada Sang Pencipta semesta alam," paparnya dihadapan belasan anggota GSBA.

Sebagian anggota GSBA  berbincang santai. Foto Ikbal 
Pada kesempatan itu, Harianto memuji kiprah GSBA yang tidak sekadar berolahraga sepeda, tapi juga aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan perumahan. Dicontohkannya, saat dilakukan kegiatan sosial membersihkan Masjid Al Muhajirin yang berada di komplek perumahan tersebut, anggota GSBA turut berperan. Begitu juga ketika prosesi penyembelihan hewan kurban di pelataran Masjid Al Muhajirin, beberapa waktu lalu, kehadiran para anggota GSBA sangat membantu panitia.

"Kita berharap, keberadaan GSBA di masa mendatang semakin bermanfaat bagi warga komplek perumahan Bumi Asri," imbaunya.
 
Sekjen GSBA, H Husni Halim menyambut positif imbauan tersebut. Baginya, kehadiran H Harianto mengindikasikan GSBA telah menjadi bagian dari komplek perumahan ini.  "Kami siap terlibat dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi warga Komplek Bumi Asri," tegasnya.

Sementara, pembina GSBA yang juga tuan rumah acara, FX Husain, menyatakan, kebersamaan menjadi ciri khas anggota komunitas yang usianya tergolong "seumur jagung". "GSBA menyatukan berbagai latar belakang dan profesi pekerjaan para anggotanya," tukas pria yang kerap disapa Pak Fuad ini.

Pihaknya mengklaim, momentum Muharram sengaja dimanfaatkan untuk semakin meningkatkan persaudaraan dan perdamaian melalui acara makan bersama. "Kita harus terus berupaya menggali sisi kemanusiaan kita, agar bisa memanusiakan orang lain, tanpa memandang status kehidupan seseorang," ujarnya.

Kaum ibu yang juga istri para personil GSBA turut meramaikan kegiatan "Makan Bersama" menyambut bulan Muharram. Foto Ikbal 
Hal itu dibenarkan pembina GSBA lainnya, H Hairuddin. Menurutnya, saat ini setiap umat muslim dituntut untuk mengendalikan hawa nafsu dan ego pribadinya. Bila telah mampu melawannya, maka setiap umat muslim bisa menghargai keberadaan orang lain.

"Mari kita manfaatkan momentum Muharram untuk berusaha menghargai orang lain demi menghindari perpecahan, melalui hal-hal kecil seperti yang dilakukan komunitas GSBA selama ini," tandasnya. Fey
Komentar

Berita Terkini