|

Sergai Raih KLA Pratama dan Puskesmas Ramah Anak

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise menyerahkan penghargaan kepada Plt Bupati Sergai, H Darma Wijaya SE di Hotel Four Point Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019) malam. Foto Ist
Sei Rampah- Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kembali menorehkan prestasi memikat di kancah nasional. Kali ini, pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 di Hotel Four Point Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019), giliran penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Pratama dan Puskesmas Ramah Anak diraih.

"Penghargaan Kabupaten Layak Anak sudah lima tahun berturut-turut diraih Serdangbedagai yang tahun ini diserahkan langsung Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise," ungkap Plt Bupati Sergai yang juga Wakil Bupati (Wabup) Sergai, H Darma Wijaya SE melalui WhatsApp ke Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sergai, Drs H Akmal MSi, Rabu (24/7/2019).

Ia mengklaim, KLA merupakan wujud nyata implementasi Konvensi Hak Anak dan berbagai peraturan perndang-undangan serta kebijakan terkait Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak. Saat ini, kata Wabup Darma Wijaya, Kabupaten Sergai mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan.

Pihaknya juga melaksanakan program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

"P2PTPA menyediakan pelayanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan dengan meliputi pelayanan informasi, konsultasi psikologi dan hukum serta pendampingan," tuturnya. 

Wabup Darma Wijaya mengklaim, tahun ini semakin istimewa dengan penghargaan Puskesmas dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik tingkat nasional yang diraih Kabupaten Sergai. Pasalnya, penghargaan itu merupakan kali pertama diraih Sergai.

"Dari sembilan ribuan puskesmas di Indonesia, Sergai merupakan salah satu dari 21 Puskesmas yang meraih penghargaan itu," sebut Wabup Darma Wijaya lantas menambahkan, Puskesmas Tanjung Beringin masuk dalam urutan 17 se Indonesia yang menerima penghargaan itu.

Dikemukakannya, Puskesmas Tanjung Beringin mempunyai visi Terwujudnya Masyarakat Tanjung Beringin Yang Sehat dan Mandiri dengan Pelayanan yang Profesional, Inovatif dan Berkelanjutan.

"Puskesmas Tanjung Beringin telah menerapkan inovasi puskesmas yang ramah terhadap anak, seperti kondisi ruangan yang memang sengaja dikonsep sesuai dengan kebutuhan anak, sehingga akan menimbulkan kenyamanan bagi anak yang dirawat di Puskesmas," urai Wabup Sergai.

Ia menegaskan, semua penghargaan ini tidak terlepas dari komitmen seluruh petugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (AA)
Komentar

Berita Terkini