|

148 Calhaj KBIH Al Mukarromah Masuk Asrama

Teks Foto: Para calhaj saat meninggalkan Kantor KBIH Al Mukarromah di kawasan Jalan Prajurit Gang Laskrida Medan menuju bus yang mengantarkan rombongan ke Asrama Haji Medan, Minggu (14/7/2019) sekira pukul 15.30 WIB. Foto Fey
Medan- Sebanyak 148 calon haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al MUkarromah memasuki Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan, Minggu (14/7/2019).

"Calon haji KBIH Al Mukarromah dijadwalkan masuk Asrama Haji Medan hari ini sekira pukul 17.00 WIB," papar Pimpinan KBIH Al Mukarromah, Ustad Sangkot Saragih, disela-sela persiapan pemberangkatan calhaj dari Kantor KBIH Al Mukarromah di kawasan Jalan Prajurit Gang Laskrida Medan.

Dikemukakannya, calhaj Al Mukarromah tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 yang berangkat pada Senin (15/7/2019) malam. "Satu malam calon haji akan menginap di Asrama Haji sebelum berangkat ke Jeddah untuk menunaikan rukun sunat Haji," tuturnya.

Teks Foto: Pimpinan KBIH Al Mukarromah, Ustad Sangkot Saragih (dua dari kiri), berjalan menuju bus yang membawa 148 calhaj dari KBIH Al MUkarromah ke Asrama Haji Medan, Minggu (14/7/2019). Foto Fey
Selama di Asrama Haji, kata Ustad Sangkot Saragih, para calon haji akan mendapat pengarahan singkat sebagai bekal menunaikan ibadah haji, termasuk menerima biaya hidup selama berada di Tanah Suci Mekkah Al Mukarromah dan Madinah Al Munawwarah," ungkapnya.

Salah seorang warga Marelan, Burhan, mengaku mengantarkan kakak kandungnya yang sudah menunggu selama 10 tahun untuk menunaikan ibadah haji. "Semoga kakak saya diberi kesehatan dan kemudahan saat menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke Tanah Air tanpa kurang satu apa pun," ujarnya.

Teks Foto: Seorang kerabat mencium anggota keluarganya yang hendak menunaikan ibadah haji, Minggu (14/7/2019). Foto Fey
Berdasarkan pengamatan, acara pemberangkatan yang sebelumnya dijadwalkan pada pukul 15.00 WIB, terpaksa molor karena dua calhaj asal Medan Denai terlambat hadir. Setelah diselidiki, ternyata, calhaj dimaksud mengalami sakit, sehingga akan menyusul ke Asrama Haji Medan.

Lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dibacakan Hj Nurmi sebagai pertanda prosesi pemberangkatan calhaj dimulai. Disusul pengarahan dan doa bersama untuk keselamatan para calhaj dan keluarga yang ditinggalkan menambah keheningan suasana pemberangkatan calhaj. Suara Adzan yang membahana di akhir acara seakan tidak mampu membendung air mata para calhaj dan keluarga yang ditinggalkan.

Pihak keluarga juga turut mengantar para calhaj hingga memasuki dua unit bus ALS yang sengaja dicarter untuk membawa rombongan ke Asrama haji Medan. Fey

     

Komentar

Berita Terkini