|

BRIN Teliti Kemenyan Humbahas

Bupati Dosmar Banjarnahor SE saat menerima rombongan BRIN yang dipimpin Dr Aswandi, di ruang kerjanya, kawasan Kota Doloksanggul, Kamis (24/11/2022). Foto Ist
Doloksanggul | Ternyata, komoditas kemenyan yang tumbuh subur di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menyita perhatian pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

“Kemenyan yang ditanam di Kabupaten Humbang Hasundutan memiliki kandungan zat Incersone yang bermanfaat untuk anti depresi,” ungkap Ketua Riset Kelompok Atsiri BRIN, Dr Aswandi, saat beraudensi dengan Bupati Dosmar Banjarnahor SE di ruang kerja bupati kawasan Doloksanggul, Kamis (24/11/2022).

Menurutnya, hasil penelitian tersebut telah menghasilkan produk turunan berupa parfum, serum, termasuk body lotion. Pengetahuan membuat produk turunan itu akan diajarkan ke masyarakat Humbahas. Satu hal yang mendorong pihak BRIN ingin bekerja sama dengan Pemkab Humbahas terkait alih teknologi seputar pengolahan produk turunan kemenyan.

“Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” tutur Aswandi.

Bupati Dosmar Banjarnahor yang saat itu didampingi Ketua TPP PKK Kabupaten Humbahas, Lidya Dosmar Banjarnahor dan Plt Kadis Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja, Christison Rudianto Marbun serta Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Junter Marbun, menyambut positif keinginan pihak BRIN. 

“Pasti lah kita setuju kalau itu untuk mendukung ekonomi masyarakat, khususnya petani kemenyan,” tegas Bupati Dosmar.

Di akhir pertemuan, pihak BRIN memberikan cenderamata berupa serum untuk kecantikan dan parfum kepada Ketua TP PKK Humbahas, Lidya Dosmar Banjarnahor. Fey

Komentar

Berita Terkini