|

Bibit Bawang Merah Bantuan APBN DK 2022 Didistribusikan

Kasi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, Mohd Adli Putra (dua dari kanan) foto bersama dengan perwakilan Poktan Sumber Sepakat yang menerima bantuan bibit bawang merah berikut saprodinya di Desa Payung Kecamatan Payung Kabupaten Karo, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Medan- Pendistribusian bibit bantuan bawang merah berikut sarana produksi (saprodi) terus dilakukan pihak Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut. Targetnya, kebutuhan bawang merah masyarakat di provinsi ini bisa terpenuhi.

Teranyar, distribusi bantuan bawang merah dilakukan pihak Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura, pada pekan lalu. Bertajuk Kegiatan Penyediaan Bibit Sebar Umbi/Rimpang yang bersumber dari dana APBN Dekonsentrasi Tahun 2022 untuk mendukung Kegiatan Pengembangan Kawasan Bawang Merah, sejumlah kelompok tani (poktan) di tiga kabupaten menerima bantuan bibit bawang merah.

"Minggu lalu, kita sudah mendistribusikan bantuan bibit bawang merah berikut saprodinya ke sejumlah poktan di tiga kabupaten, masing-masing Karo, Samosir dan Deliserdang," ungkap Plh Kepala Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, M Juwaeni, didampingi Kepala Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu, Mohd Adli Putra, dan Kepala Seksi Sayur dan Tanaman Obat, Adri Airil Nasutin, di ruang kerjanya Jalan AH Nasution No 6 Medan, Senin (10/10/2022) pagi.

Pihaknya mengklaim, tiga tim langsung turun mengawal pendistribusian bantuan yang berlangsung pada hari Kamis, 06 Oktober 2022. Di Kabupaten Karo, kata Juwaeni, sebanyak 10 ton bawang merah varietas Maja Cipanas berlabel Biru berikut 25.500 kilogram pupuk organik dibagikan ke 10 poktan di Desa Payung Kecamatan Payung. Poktan dimaksud yakni Erih Ersada, Payung Simalem, Lau Meciho, Kuta bangun, Tebing Pringgan, Juma Mbacang, Sangapta Ras, Sumber Sepakat, Anugrah Jaya dan Tani Mandiri.

"Setiap poktan menerima bantuan satu ton bibit bawang merah dan 2.550 kilogram pupuk organik," tukasnya.

Juwaeni menambahkan, di hari yang sama juga dilakukan pendistribusian 10 ton bibit bawang merah varietas Batu Ijo berlabel Biru berikut 23 ton pupuk organik ke empat poktan di Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. Di wilayah itu, Poktan Sejahtera menerima 3 ton bibit bawang merah dan 6.900 kg pupuk organik, Poktan Lamganda (2 ton bibit bawang merah dan 4.600 kg pupuk organik), Poktan Sari Tani (2,5 ton bibit bawang merah dan 5.750 kg pupuk organik), serta Poktan Mandiri (2,5 ton bibit bawang merah dan 5.750 kg pupuk organik).

Begitu juga di Kabupaten Deliserdang, sebanyak dua poktan di Desa Gunung Sinembah Kecamatan Gunung Meriah, yakni Poktan Melati dan Poktan Petani Jaya, masing-masing menerima 5 ton bibit bawang merah dan 13.500 kg pupuk organik. 

Tim dari Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut, menyerahkan bantuan bibit bawang berikut saprodinya kepada perwakilan Poktan Mandiri Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, pekan lalu. Foto Ist

Secara terpisah, Plt Kepala Dinas TPH Sumut, Hj Lusyantini, menyatakan, beragam bantuan kepada anggota poktan di berbagai kabupaten/kota yang bersumber dana dari APBD Sumut dan APBN Tahun Anggaran 2022 itu diharapkan mampu meminimalisir kekurangan bawang merah.

"Tahun 2021 misalnya, produksi bawang merah petani di Sumatera Utara berkisar 33.059 ton dari areal panen seluas 4.190 hektar. Sementara, kebutuhan konsumsi masyarakat mencapai 46.065 ton," ungkap Lusyantini melalui telepon selulernya.

Ia mengemukakan, bantuan bibit bawang merah berikut saprodi kepada anggota poktan, merupakan salah satu upaya untuk meminimalisir kekurangan produksi tersebut. 

"Melalui bantuan bibit bawang merah berikut saprodinya, areal pertanaman akan semakin luas," ujarnya. Fey

Pihak Seksi Perbenihan dan Penanganan Mutu Bidang Hortikultura Dinas TPH Sumut mendistribusikan benih bantuan bawang merah berikut saprodi ke Poktan Melati Desa Gunung Sinembah Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Deliserdang, pekan lalu. Foto Ist


Komentar

Berita Terkini