|

Gubsu Edy Bawa Investor Serai Wangi ke Dairi

Gubsu Edy bersama rombongan memasuki GOR Sidikalang, dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Dairi, Kamis (21/07/2022). Foto Ist

Sidikalang- Gubsu Edy Rahmayadi memboyong investor yang akan membangun pabrik minyak serai wangi saat melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Dairi, Kamis (21/07/2022). 

“Ini saya bawa investornya, dia akan membuat kebun serai wangi dan pabriknya di sini. Jadi, dari sini yang keluar langsung produk jadinya,” papar Gubsu Edy di GOR Sidikalang, kawasan Jalan Empat Lima Sidikalang.

Ia mengemukakan, minyak serai wangi banyak diminati masyarakat karena multi khasiat, yakni sebagai obat gigitan/pengusir serangga, aroma terapi, dan obat kulit. Memiliki senyawa utama sitronelal, sitronelol, dan geraniol, komoditas bernama citronella oil ini juga banyak diminati pasar luar negeri. Pihaknya berharap, keberadaan pabrik dan kebun serai wangi di wilayah Kabupaten Dairi mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

 “Kami dari Pemprov akan mendukung infrastrukturnya,” tegas Gubsu Edy.

Sebelumnya, Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, mengklaim telah menyiapkan 6.000 Ha lahan untuk pengembangan pertanian. Bupati Edy berharap Pemprov Sumut dan Pemkab Dairi terus berkolaborasi meningkatkan pertanian daerah ini.

“Ada sekitar 6.000 Ha lahan yang disiapkan untuk pengembangan pertanian, termasuk untuk serai wangi. Kami tentu berharap semakin banyak investor yang datang karena tanah di sini memang sangat subur,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Edy berterimakasih karena Dairi merupakan salah satu kabupaten yang mendapat porsi besar dalam pembangunan jalan dan jembatan multiyears Pemprov Sumut. Pasalnya, Pemprov Sumut menganggarkan Rp61 miliar untuk perbaikan, pemeliharaan jalan dan pembangunan drainase.

“Kita membutuhkan ini karena akan sangat mengurangi biaya produksi bagi petani. Namun, kita juga perlu sarana prasarana pendidikan untuk menciptakan SDM berkualitas untuk mendorong pembangunan,” ujarnya.

Berdasarkan pengamatan, rombongan Gubsu Edy yang terdiri dari Ketua PKK Sumut, Hj Nawal Lubis dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah jajaran Setda Provsu, diantaranya, Kadis Koperasi dan UKM, Suherman dan Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Hj LUsyantini menuju Kabupaten Karo. Didampingi unsur Forum komunikasi pimpinan daerah Karo, diantaranya Wakil Bupati, Theopilus Ginting, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Benny Angga Ambar S, dan Kapolres Tanah Karo, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH, Gubsu Edy mengunjungi pembibitan bunga di kawasan Simpang Desa Pertibi Kecamatan Merek, sebelum menuju Kantor Bupati Karo untuk bertemu dengan seluruh kepala desa dan Camat.

Kunjungan kerja ke Karo tersebut diwarnai dengan pemberian bantuan secara simbolis untuk pelaku UMKM di lobi Kantor Bupati. Fey

Komentar

Berita Terkini