|

SMK Pusat Keunggulan

Mendikbud, Nadiem Makarim, saat meluncurkan Program Merdeka Belajar episode 8 bertajuk SMK Pusat Keunggulan' secara daring, Rabu (17/03/2021). Foto Ist

Binjai- Guna menjawab kebutuhan dunia kerja, pihak Kementerian Pendidikan dan Keudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Program Merdeka Belajar episode 8 dengan tema 'SMK Pusat Keunggulan untuk Meningkatkan Kompetensi Luusan SMK, secara daring, Rabu (17/03/2021).

Di Kota Binjai, Pj Sekdako, H Irwansyah Nasution SSos didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Sri Ulina Ginting SPd, mengikuti kegiatan yang langsung dihadiri Mendikbud Nadiem Makarim, dari Binjai Comand Center Jalan Jendral Sudirman No. 6 Kota Binjai.

“Kita harus jujur dengan tantangan yang kita hadapi. SMK masih sulit saat ini menjawab kebutuhan dunia kerja. Di Indonesia belum mencapai level ini,” papar Nadiem. 

Saat ini, lanjutnya, lulusan SMK masih sulit menjawab kebutuhan dunia kerja. Kondisi tersebut berbeda dengan beberapa sekolah kejuruan di dunia yang telah menghasilkan lulusan kelas dunia dan langsung diserap pekerjaan, bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. 

Ia menilai, kesempatan peningkatan kompetensi guru, kepala sekolah dan pengawas SMK untuk bisa sesuai dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja, masih sedikit. Selain itu, kata Nadiem, sinergi antar pemangku kepentingan seperti sekolah vokasi dengan dunia kerja, perusahaan dan industri ini masih kurang partisipasinya. Apalagi, belum semua SMK mengembangkan kurikulumnya bersama dunia kerja, begitu pula dengan fasilitas yang sesuai standar.

“Hari ini harus dikurangi. Kita harus menemukan solusi yang komprehensif untuk menjawab semua tantangan yang ada di sini secara serentak. Jadi ini adalah tantangan yang harus kita hadapi dan kita harus jujur dengan tantangan yang dihadapi di dunia pendidikan, terutama di SMK,” pungkas Nadiem. Ian

Komentar

Berita Terkini