|

Cegah Tangkal Radikalisme Separatisme di Kodim Langkat

Dandim 0203/Lkt, Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro, membuka kegiatan Pembinaan Cegah Tangkal Radikalsime dan Separatisme di Aula Makodim, kawasan Jalan Sudirman Binjai, Kamis (25/03/2021). Foto Ian 

Binjai- Dandim 0203/Lkt, Letkol (Inf) Wisnu Joko Saputro, membuka kegiatan pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme Separatisme Semester I Tahun Anggaran 2021, di Aula Makodim, kawasan Jalan Sudirman Binjai, Kamis (25/03/2021) sekira pukul 09.12 WIB.

Menurut Letkol Wisnu Joko, kegiatan bertajuk 'Meneguhkan Toleransi Radikalisme dan Separatisme' ini bertujuan menangkal timbulnya paham radikalisme untuk mengubah ideologi melalui kekerasan dan paham separatisme yang mmengambil keuntungan dari pemecah-belahan dalam suatu golongan. Dijelaskannya, kondisi saat ini berdampak pada meningkatnya paham radikalisme di wilayah Indonesia. Apalagi, kondisi sosial masyarakat di negeri ini yang memiliki beragam suku, agama dan ras serta budaya. Hal itu didukung teknologi digital yang berpotensi menyuburkan tumbuh-kembangnya paham radikalisme dan separatisme, bahkan, memicu aksi nyata dalam bentuk terorisme di Indonesia.

"Sikap tegas kita sebagai aparat untuk menolak segala bentuk paham apapun yang bertentangan dengan ideologi Pancasila dan UUD 45," sebutnya.

Ia mengemukakan, sistem pertahanan semesta yang digunakan bangsa Indonesia, bertumpu pada kekuatan TNI sebagai komponen utama serta sumber daya nasional sebagai komando cadangan dan komponen pendukungnya. Dalam upaya meningkatkan potensi sumber daya nasional menjadi kekuatan ruang alat kondisi juang yang tangguh, diperlukan pembinaan teritorial dengan melibatkan seluruh komponen bangsa, yaitu Komunikasi sosial bhakti TNI dan perlawanan wilayah. 

"Komunikasi sosial merupakan salah satu metode pembinaan teritorial yang merupakan wahana untuk mencapai kesepahaman dan sesamaan tentang pemberdayaan wilayah pertahanan darat," tuturnya.

Letkol Wisnu Joko berharap, seluruh komponen masyarakat bersama-sama membantu mencegah paham radikalisme dan terorisme di lingkungannya masing-masing, khususnya areal teritorial Kodim 0203/Lkt. 

Sementara, perwakilan MUI Kota Binjai, Drs M Ridwan, mengajak seluruh komponen masyarakat untuk membangun sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

"Mari kita sama-sama membangun sikap toleransi dalam kehidupan bermasyarakat untuk mencegah timbulnya radikalisme dan separatisme di NKRI," ujarya. Ian

Komentar

Berita Terkini