|

Ada Teh Celup Gambir Papun di Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat, Franch Bernhard Tumanggor meresmikan Rumah Produksi Teh Celup Gambir Papun di Desa Kaban Tengah Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Jumat (05/03/2021). Foto Ist

Salak- Kabupaten Pakpak Bharat patut berbangga dengan hadirnya Rumah Produksi Teh Celup Gambir Papun. Diresmikan pada Jumat (05/03/2021), produknya sudah dipasarkan hingga ke Kota Medan, Bogor dan Aceh.

Usaha kecil yang dirintis Edisah Putra Berutu SE bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Pakpak Bharat ini terletak di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe 

"Teh Daun Gambir produksi Rumah Gambir Papun ini punya daya tarik tersendiri dengan menghadirkan aroma khas bunga melati yang semakin menambah cita rasanya. Aroma melati yang dipadukan dengan aroma daun gambir yang diracik dengan keahlin khusus mempu memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmat teh," papar Edisah Putra Berutu, di sela peresmian rumah produksinya.

Mengenai arti kata "papun" pada label produksinya, Edisah sembari tersenyum menyatakan, hal itu singkatan dari 'Pakpak Punya'. Ia sangat berterimkasih kepada Pemkab Pakpak Bharat, terutama Bupati karena telah membantu para pelaku UMKM seperti dirinya.

"Kami sampaikan banyak terima kasih atas kunjungan Bapak Bupati ke acara Pembukaan Rumah Produksi Teh Gambir Papun di Dusun yang cukup jauh ini, Desun Lae Mbulan Desa Kaban Tengah. Kami berterimakasih juga kepada Bapak Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM atas kehadirannya. Kami juga merasa bangga dan terhormat atas kunjungan ini,” sebutnya.

Edisah Putra Berutu berharap, usahanya semakin maju dan menjadi ikon Kabupaten Pakpak Bharat, sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat, termasuk penyediaan lapangan pekerjaan. 

"Saya yakin dengan dukungan penuh dari Pemerintah Pakpak Bharat harapan ini akan bisa terwujud," ungkapnya optimis.

Sementara, Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, mengaku sangat tertarik dengan minat dan tekat para pelaku UMKM ini dalam mengembangkan serta menggali potensi-potensi lokal untuk dikembangkan menjadi sumber penghasilan.

"Ini bagus dan perlu dikembangkan terus kedepannya, disamping dapat mendatangkan pendapatan bagi para pelaku usaha sendiri, usaha seperti ini juga membantu para petani dan produsen gambir dalam memasarkan hasil pertanian mereka," ujarnya yang saat itu didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Orba Mordehai Manik SH MH.

Hal senada dikemukakan Kepala Bidang Industri dan Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Pakpak Bharat, Duma Rita Purba SP. Bahkan, ia memiliki harapan besar dengan kehadiran produk gambir baru.

"Dengan adanya produk baru olahan gambir ini, kita berharap gambir Pakpak Bharat ini akan semakin berdaya guna dan semakin dikenal bahkan secara nasional," tandasnya. Han

Komentar

Berita Terkini