|

Kelurahan Berperan Cegah Penularan Covid-19

Plt Wali Kota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT berbincang dengan Gubsu Edy Rahmayadi di sela kegiatan rapat konsolidasi percepatan penanggulangan Covid-19 Mebidang di Posko GTPP Sumut, kawasan Jalan Sudirman Medan, Senin (05/10/2020) petang. Foto Ist

Medan- Plt Wali Kota Medan, Ir Arief Sudarto Trinugroho MT, menyatakan, kelurahan berperan penting terhadap pencegahan penularan Covid-19, sekaligus pelacakan kontak dekat (close contact). Hal itu dikemukakannya usai rapat konsolidasi percepatan penanggulangan Covid-19 Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang) dan Sumut di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Sumut, kawasan Jalan Sudirman Medan, Senin (05/10/2020) petang.

“Yang paling penting adalah bagaimana menjadikan kelurahan ujung tombak pencegahan penularan Covid-19 dan pelacakan close contact,” ujarnya. 

Dalam rapat yang dipimpin Gubsu Edy Rahmayadi itu, hadir Staf Khusus Menteri Kesehatan, Alex K Ginting dan seluruh kepala daerah di Sumut, pihak rumah sakit se Sumut dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut. Rapat yang diinisiasi pihak Kementerian Kesehatan tersebut bertujuan untuk memantau perkembangan Covid-19 di Sumut.

Pada kesempatan itu, Gubsu Edy memberikan perhatian khusus untuk penanganan di Mebidang. Ia menegaskan, penegakan protokol kesehatan juga adalah satu upaya untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19. 

"Saya tidak akan segan-segan menutup tempat hiburan yang kedapatan melanggar protokol kesehatan," tegasnya. 

Sementara, Alex K Ginting menyatakan, saat ini semua orang tengah berhadapan dengan musuh yang sangat berbahaya dan cepat menyebar serta hidup di dalam tubuh manusia. Untuk itu, perlu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, hindari kerumunan dan jaga jarak. Alex menilai, saat ini penerapan protokol kesehatan belum maksimal dilakukan. 

“Diharapkan penerapan protokol ini dapat dijadikan gerakan kemasyarakatan di tingkat kelurahan dan dapat menjadi instrumen yang efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Sumut,” pungkasnya. Isvan 

Komentar

Berita Terkini