|

RSGL Tobing Siapkan 19 Ruang Isolasi

Wagubsu Musa Rajekshah meninjau kesiapan RS dr GL Tobing PTPN 2 Tanjungmorawa, Deliserdang sebagai RS rujukan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19, Jumat (20/03/2020). Foto Ist
Tanjungmorawa- Pihak Rumah Sakit dr GL (RSGL) Tobing PTPN 2 Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menyiapkan 19 ruang isolasi pasien untuk penanganan Corona virus desease (Covid) 19.

"Sejumlah ruang bangsal yang disekat dengan bantuan personil dari TNI/Polri juga telah disiapkan bagi pasien yang tidak tertampung lagi," ungkap Ketua Tim Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumut, Riadil Akhir Lubis, saat mendampingi Wagubsu Musa Rajekshah meninjau fasilitas pelayanan di rumah sakit yang ditunjuk sebagai lokasi rujukan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 itu, Jumat (20/03/2020).

Selain itu, lanjutnya, tim medis menambah personil dan perlengkapan medisnya. Hal itu dibenarkan Koordinator Lapangan untuk fasilitas penanganan Covid-19, Mayor Handoyo. Pihaknya bersama tim medis, dr Restuti Saragih, memastikan seluruh standarisasi fasilitas dan penanganan PDP di RS rujukan utama berjalan sesuai prosedur.

“Kita bahu membahu, termasuk mengkoordinir piket jaga. Alur masuk juga sudah dibuat dan disiapkan kartu nama. Jadi siapapun nanti tidak diperkenankan masuk (tanpa tanda pengenal, red),” sebutnya kepada Wagubsu Musa Rajekshah.

Ia menambahkan, wabah Covid-19 harus dilawan dengan sistem isolasi ketat dan terukur. Bahkan, sebelum kedatangan Wakil Gubernur di lokasi, Mayor Handoyo sempat mengingatkan agar seluruh standar kesehatan, kebersihan dan segala yang diperlukan harus benar-benar dipastikan. Apalagi, RSGL Tobing menjadi posko evakuasi utama setelah RSUP H Adam Malik.

Wagubsu Musa Rajekshah menyambut positif sejumlah langkah yang telah diterapkan tersebut. Menurutnya, upaya penanganan Covid-19 harus melibatkan seluruh pihak terkait sesuai tugas, pokok dan fungsi masing-masing.

"Kunjungan saya ini untuk memastikan rumah sakit dapat melakukan penanganan pasien Covid-19 berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang ditetapkan,"" ujarnya.

Sebelum meninjau ruang isolasi, Wagubsu Musa Rajekshah sempat berdiskusi terkait perkembangan terkini serta langkah terbaru mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di ruang Kepala RSGL Tobing. Ditegaskannya, tidak ada waktu lagi untuk terlalu banyak pertimbangan yang tidak substansial, seperti komunikasi serta kerja sama antara instansi dalam tim Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut.

“Dalam tim ini kan ada juga pihak TNI/Polri. Untuk masyarakat yang dimaksud (Orang Dalam Pengawasan, disingkat ODP,reda), silakan libatkan (polisi, maksudnya) untuk bisa menjemput mereka,” tuturnya yang saat itu juga dihadiri Direktur Utama PTPN 2 Iswan Achir, Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan dan Anggota DPRD Sumut, Zeira Salim Ritonga.

Wagubsu Musa Rajekshah menginstruksikan Ketua Tim Pelaksana Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut segera berkoordinasi kepada aparat kepolisian bila mendapatkan informasi ODP.

"Segera koordinasi ke pihak kepolisian untuk menjemput ODP dan dibawa ke Rumah Sakit Sari Mutiara Medan sebagai rujukannya," imbaunya. Hendra

Komentar

Berita Terkini