|

Cegah Covid-19, Pasar dan Pintu Masuk Siantar Dipantau

Pejabat Sekdako Siantar, Kusdianto SH memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kantor Bappeda Siantar, Jumat (20/03/2020). Foto Ris  
Siantar- Pejabat Sekretaris daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar, Kusdianto SH mengklaim, telah memantau seluruh pasar tradisional dan pintu masuk menuju wilayah itu.

"Kita memantau seluruh pasar dan pintu masuk menuju Kota Siantar, termasuk tempat keramaian untuk mencegah penyebaran Covid-19," tegasnya dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kantor Bappeda Siantar, Jumat (20/03/2020).
 
Kusdianto juga mengingatkan warga Siantar, termasuk para pedagang untuk tidak menimbun kebutuhan bahan pokok.

"Kita segera memeriksa ke toko-toko untuk mencegah terjadinya penimbunan bahan pokok," ujarnya dihadapan para Staf Ahli, Asisten dan pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD).

Selain itu, kata Kusdianto, dilakukan sosialisasi kepada masyarakat seputar penanggulangan Covid-19. Khusus para pimpinan OPD, pihaknya meminta untuk selalu melaporkan perkembangan virus itu.

"Satpol PP dan Dinas Pendidikan harus tetap rutin merazia anak-anak sekolah yang masih berkeliaran di luar rumah dan di tempat keramaian," imbaunya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Siantar yang juga Plt Direktur RSUD Djasamen Saragih, dr Ronald Saragih melaporkan, ruang isolasi untuk pasien Covid-19 sedang dalam pembenahan. Selain itu, disiapkan alat-alat kebersihan dan penambahan jumlah wastafel untuk mencuci tangan.

"Rumah sakit swasta berjanji bisa meminjamkan alat-alat yang diperlukan apabila terjadi hal-hal penting terkait Covid-19 di Pematangsiantar," sebutnya.

Selain itu, pengelola Puskesmas wajib melapor ke Dinas Kesehatan apabila ada merawat dan memeriksa warga yang mengalami gejala Covid-19. Khusus di ruang isolasi di RSUD dr Djasamen Saragih, disiapkan lima unit tempat tidur.

Petugas Lapas Kelas IIA Pematangsiantar memeriksa suhu tubuh seorang pengunjung, beberapa waktu lalu. Foto Ris 
Sebelumnya, antisipasi penyebaran Covid-19 juga dilakukan pengelola Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pematangsiantar. Salah satunya melalui gerakan hidup bersih dan sehat dengan melibatkan tim medis Lapas. Usai apel pagi, tim medis Lapas dipimpin dr Hichsandri melakukan sosialisasi gerakan hidup bersih dan sehat.

"Kita mengajak seluruh warga binaan, baik itu tahanan dan narapidana untuk membudayakan hidup bersih dan sehat," ujar Kalapas, Porman Siregar And IP SH MH melalui Humas, Hiras Silalahi kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Dikemukakannya, seluruh Lapas dan pengunjung wajib diperiksa suhu tubuhnya dengan Body Thermal Check, dan pemberian hand sanitizer. "Pengecekan suhu tubuh ini bertujuan untuk mendeteksi suhu tubuh seseorang," tandasnya. Ris


Komentar

Berita Terkini