|

22 Desa di Sumut Bebas Narkoba


Medan- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Heru Winarko mendeklarasikan 22 desa/kelurahan di Sumatera Utara (Sumut) sebagai pilot project Desa Bersih Narkoba (Bersinar), di kawasan Jalan Klambir Lima, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Senin (19/8/2019).

Dijelaskannya, kelurahan dan desa yang terlibat dalam deklarasi bebas narkoba itu yakni, Kelurahan Lalang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Kelurahan Banjar di Pematangsiantar, Desa Bagan Dalam dan Petatal di Batubara. Kemudian, Desa Namosialang di Langkat, Desa Simangambat di Mandailingnatal, Desa Sibangkua di Tapanuli Selatan, Desa Pegajahan di Serdangbedagai, Desa Rantau Panjang, Dagang Kerawang, Bandar Labuhan, Punden Rejo dan Kutalimbaru di Deliserdang
Selanjutnya, Kelurahan Karya Jati dan Tanah Seribu di Binjai, Desa Perdagangan I di Simalungun, Desa Hessa Perlompongan di Asahan, Desa Pulo Dogom di Labuhanbatu Utara, Kelurahan Lalang di Tebingtinggi, Kelurahan Gading di Tanjungbalai, Kelurahan Beganding di Karo dan Desa Dahana Tabaloho di Gunungsitoli, Nias.

"Kelurahan maupun desa yang memiliki komitmen kuat dalam membersihkan peredaran narkoba, merupakan pilot project percontohan sebagai desa Bersih Narkoba," ungkapnya.

Hal itu, kata Komjen Heru, terlihat dari peran serta masyarakat menjauhi narkoba dengan laporan kepolisian dan BNN yang menyatakan mereka warga yang bersih.

"Mayoritas pengguna narkoba itu adalah anak anak dan remaja. Ini adalah tanggung jawab kita bersama," tegasnya.

Ia berharap, acara deklarasi ini tidak dijadikan kegiatan seremonial belaka, melainkan ditindaklanjuti, sehingga bisa diikuti desa maupun kelurahan lainnya. Dengan demikian, setiap desa dan kelurahan bisa bersih dari peredaran narkoba.

Tampak hadir, Wakil Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga SSos serta tamu dan undangan lainnya.  Yohana Zira

Komentar

Berita Terkini