|

Tujuh Kabupaten di Sumut Terima Bibit Bawang Merah

Kabid Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, usai menyerahkan secara simbolis pupuk kompos kepada anggota Poktan Tona Tani Desa Paran Padang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, petani penerima bantuan paket benih cabai merah dari APBD Sumut 2023, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Medan | Sebanyak 30 Kelompok Tani (Poktan) di tujuh kabupaten telah menerima bantuan bibit bawang merah dari APBD Sumut Tahun Anggaran 2023 yang didistribusikan pihak Bidang Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut, akhir pekan lalu.

“Sudah kita distribusikan bantuan bawang merah dari APBD Sumatera Utara Tahun Anggaran 2023 ke 30 poktan di 29 desa yang masuk dalam wilayah 16 kecamatan dengan total pertanaman seluas 43 hektar,” papar Kepala Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, di ruang kerjanya Jalan AH Nasution No 6 Medan, Senin (20/03/2023) pagi. 

Saat ini, pihaknya juga masih mendistribusikan bantuan yang bersumber dari APBD Sumut 2023 lainnya, seperti benih kentang, cabai merah dan jahe. Tujuannya agar, para petani penerima bisa menanam komoditas tersebut sesuai jadwal tanam yang telah ditentukan sebelumnya.

“Sampai saat ini, pendistribusian bantuan yang dilakukan per triwulan berjalan sesuai rencana,” tegasnya.

Sementara, Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution, menjelaskan, sebanyak tujuh kabupaten penerima bantuan bibit bawang merah dari APBD Sumut 2023 dimaksud, yakni Samosir (10 poktan), Padangsidimpuan (7 poktan), Mandailing Natal (2 poktan), Batu Bara (2 poktan), Simalungun (5 poktan), Langkat (3 poktan) dan Pakpak Bharat (1 poktan). 

“Mengenai varietas bawang merah, sesuai permintaan petani penerima, ada Tajuk, Bima Brebes dan Batu Ijo,” sebutnya.

Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution, memeriksa bibit bawang merah yang baru tiba di gudang penyimpanan milik kelompok tani, beberapa waktu lalu. Foto Ist
Tidak hanya bibit, Adri mengklaim, para petani penerima bantuan juga mendapatkan pupuk kompos untuk mendukung proses pertanamannya. 

“Bantuan ini sebagai salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk menyejahterakan petani Sumatera Utara,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, berharap, pendistribusian bibit bantuan dari APBD Sumut 2023 bisa segera dirampungkan.

“Berdasarkan laporan dari Bidang Hortikultura, hari ini mereka mendistribusikan bantuan bibit kentang ke Kabupaten Simalungun dan Samosir,” ujar Rajali saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Ia mengingatkan kepada para penerima untuk memanfaatkan secara maksimal bantuan dari pemerintah tersebut, sehingga hasilnya mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya masing-masing. Fey

Staf Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut mengawal pendistribusian bibit bawang merah bantuan APBD Sumut 2023, beberapa waktu lalu. Foto Ist 


Komentar

Berita Terkini