|

Bibit Hortikultura APBD Sumut 2023 Didistribusikan

Kabid Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip (kemeja berwarna gelap) bersama sejumlah anggota Poktan Mawar Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, yang menerima bibit bantuan APBD Sumut Tahun Anggaran 2023, pekan lalu. Foto Ist 
Medan | Pihak Bidang Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Ketapang TPH) Sumut mulai mendistribusikan bantuan bibit berikut sarana produksi pertanian (saprodi) yang bersumber dari APBD Sumut 2023, ke sejumlah kabupaten.

“Minggu lalu sejumlah anggota poktan (kelompok tani, red) di Kabupaten Samosir dan Simalungun sudah menerima bibit jahe dan bawang merah berikut pupuk kompos,” papar Kepala Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, di ruang kerjanya, kawasan Jalan AH Nasution Medan, Senin (13/03/2023) pagi.

Dikemukakannya, sebanyak dua poktan di Kabupaten Simalungun, yakni Jumanta II dan Sapanriah Desa Bintang Meriah Kecamatan Dolok Masagal, masing-masing menerima bantuan bibit jahe varietas Cimanggu I berikut pupuk organik untuk areal pertanaman seluas 5 hektar (ha). Tidak hanya itu, lima poktan di lima desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Panei, Girsang Sipangan Bolon, Raya dan Dolok Pardamean juga menerima.bantuan bibit bawang merah.

Begitu juga di Kabupaten Samosir, Turnip mengklaim telah mendistribusikan bantuan bawang merah dan pupuk kompos ke 10 poktan di wilayah empat kecamatan.

“Setiap poktan menerima bantuan untuk pertanaman bawang merah seluas satu hektar dengan varietas Tajuk dan Batu Ijo, sesuai permintaan angggota poktan penerima,” tutur Turnip lantas menambahkan, pendistribusian bawang merah juga akan dilakukan ke wilayah Tapanuli bagian selatan pada pekan ini.

Sejumlah Staf Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, menyerahkan bantuan bibit jahe kepada anggota Poktan Jumanta II Desa Bintang Mariah Kecamatan Dolok Masagal Kabupaten Simalungun, pekan lalu. Foto Ist 
Selain bawang merah dan jahe, pihaknya juga mengalokasikan bantuan bibit kentang dan benih cabai merah dalam APBD Sumut 2023. 

“Seperti rencana semula, mulai tahun ini kita mencoba memperbaiki sistem pendistribusian bantuan bibit bawang merah dengan melakukannya secara triwulan untuk meminimalisir minimnya ketersediaan bibit,” ujarnya.

Ia berharap, sistem penyaluran bantuan secara per triwulan ini membuat para petani penerima bisa segera menanam bibit.

“Kalau tahun sebelumnya, petani penerima harus menyesuaikan jadwal tanamnya, tahun ini tidak lagi, karena bantuan diterima tepat saat petani hendak melakukan pertanaman,” tegasnya.

Sementara, Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution, menjelaskan, sebanyak tujuh kabupaten dialokasikan dalam APBD Sumut 2023 untuk mendapatkan bantuan bibit bawang merah dan kompos, masing-masing, Samosir, Padangsidimpuan, Mandailing Natal, Simalungun, Batu Bara, Langkat dan Pakpak Bharat. 

“Ada 30 poktan penerima bantuan bibit bawang merah di tujuh kabupaten pada tahun 2023 ini untuk pertanaman seluas 43 hektar,” sebutnya.

Kepala Seksi Sayuran dan Tanaman Obat Bidang Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Adri Airil Nasution, melakukan monitoring pertanaman cabai merah bantuan pemerintah yang bersumber dari P-APBD Sumut Tahun Anggaran 2022, di lahan milik anggota Poktan Sri Rezeki Desa Paya Lombang Kecamatan Tebingtinggi Kabupaten Serdangbedagai,  pekan lalu. Foto Ist
Untuk cabai merah, Adri mengaku ada 27 poktan di delapan kabupaten yang menjadi penerima bantuan, yakni Serdangbedagai, Tapanuli Selatan, Padanglawas, Padanglawas Utara, Simalungun, Pakpak Bharat, Samosir dan Labuhanbatu, dengan areal pertanaman seluas 38 ha. 

“Berbeda dengan bantuan bibit kentang yang kita alokasikan hanya untuk 12 poktan di dua kabupaten saja, yaitu Simalungun dan Samosir dengan areal pertanaman seluas 16 hektar,” urainya.

Mengenai perubahan strategi pendistribusian bantuan tersebut menjadi per triwulan, Kepala Dinas Ketapang TPH Sumut, H Rajali, melalui telepon selulernya menyatakan, hal itu sebagai upaya untuk mewujudkan Sumut bisa swasembada bawang merah.

“Saya optimistis, perubahan strategi penyaluran bibit bantuan bawang merah ini akan mampu mendorong peningkatan produktivitas petani,” tandasnya. Fey

Kabid Hortikultura Dinas Ketapang TPH Sumut, Lambok Turnip, bersama sejumlah anggota Poktan Saordot Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir yang menerima bantuan bibit bawang merah  bersumber dari P-APBD Sumut Tahun Anggaran 2022. Foto Ist 

Komentar

Berita Terkini