|

HIMMAH Unimed Gelar 'Panggung Pemuda' di Titik Nol Medan

Seorang aktivis HIMMAH Unimed saat berorasi dalam  memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 di Titik Nol Kota Medan, Kamis (28/10/2021). Foto Ist

Medan- Puluhan aktivis Pimpinan komisariat Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (PK HIMMAH) Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar 'Panggung Pemuda' dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda di Tugu Titik Nol Kota Medan, Kamis (28/10/2021).

Menurut Ketua HIMMAH Unimed, M Ananda Rizki Tambunan, aksi 'Panggung Pemuda' digelar dalam upaya menggugah kesadaran seluruh pemuda Indonesia, khususnya Sumatera Utara untuk bersatu dalam menjaga kedaulatan rakyat Indonesia. 

"Tanggal 28 Oktober 1928 merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia untuk menunjukkan bersatunya pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke melalui ikrar bertumpah darah satu, berbangsa satu dan menjunjung bahasa persatuan yaitu indonesia," ujar Nanda dalam orasinya. 

Saat ini, pihaknya mengaku prihatin mellihat beragam konflik di tubuh pemuda Indonesia, sehingga memicu perpecahan. Salah satunya, kata Nanda, organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Ia menilai, perpecahan tersebut terjadi akibat kepentingan pribadi atau kepentingan elite politic. 

“Saya mengatakan ini karena melihat situasi pemuda dalam krisis jati diri dan terbuai dalam pertikaian kepentingan, sehingga menyebabkan kelunturan keistimewaan seorang pemuda yaitu idealisme,” sebut Nanda.

Pihaknya tidak ingin menyalahkan pihak mana pun dalam kasus ini. Namun, lanjutnya, tanpa disadari, gerakan pemuda di Sumut nyaris tidak lagi terlihat. Padahal, sejumlah permasalahan terjadi di wilayah ini.

"Kami disini hadir untuk mengajak seluruh pemuda untuk bersatu dan bangkit. Bangkit dari keterpurukan, bangkit dari ketertinggalan dan menjadi api untuk membakar ketidakadilan hari ini," tegasnya. Fey


Komentar

Berita Terkini