|

Aplikasi CMS Efektif Kelola Keuangan Daerah

Pj Sekdakab Asahan, H John Hardi menghadiri sosialisasi penerapan aplikasi CMS untuk memudahkan pengelolaan keuangan daerah, di Kisaran, Selasa (09/03/2021). . Foto Ist

Kisaran- Mendukung pengelolaan transaksi pemerintah kabupaten yang bersifat non tunai, pihak PT Bank Sumut cabang Kisaran melaksanakan sosialisasi penerapan Cash Management Sistem (CMS) bagi para Organisasi Perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Asahan, di Aula Melati Kantor Bupati Asahan di Kisaran, Selasa (09/03/2021).

Pada kesempatan itu, Tim Divisi Dana dan Jasa PT Bank Sumut kantor pusat, Sabar Ginting, menjelaskan peluncuran aplikasi CMS buat Pemerintah Daerah dimaksudkan untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan perbankan khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah secara mandiri dan berbasis non tunai.

“Artinya penggunaan aplikasi CMS ini akan membantu Pemkab Asahan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah," paparnya.

Sementara, Pj Sekdakab Asahan, Drs H John Hardi mengakui penerapan transaksi non tunai di lingkungan pemerintah, baik pemerintah  provinsi maupun kabupaten dan kota, sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri No 910/1886/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

"Itu dilakukan dalam upaya menciptakan birokrasi Pemerintah Daerah yang akuntabel, efektif, efisien dan transparan dalam upaya meningkatkan pelayanan publik terpadu berbasis elektronik," sebut John Hardi.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar, mengakui, penggunaan aplikasi CMS menjadi salah satu pendukung visi dan misi Bupati Asahan. Dari 12 misi yang dicanangkan, pada poin pertama tercantum kalimat "Menyelenggarakan tata kelola pemerintah yang efektif, inovatif, profesional dan akuntabel"," tuturnya.

Ia menambahkan, pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik sebagai salah satu upaya reformasi birokrasi menuju kelas dunia. Hal tersebut tentu membutuhkan transformasi digital yang menyeluruh, baik itu sistemnya hingga Sumber Daya Manusianya (SDM). 

"Jadi penggunaan aplikasi CMS merupakan salah satu langkah strategis untuk mempercepat pelaksanaan program "Digitalisasi Birokrasi" yang dicanangkan oleh Bupati Asahan," tandasnya. DP

Komentar

Berita Terkini