|

Rp1 M untuk Kafilah Berprestasi Sumut

Ketua LPTQ Sumut, Palit Muda Harahap saat memberikan pengarahan kepada para kafilah Sumut di Hotel Ibis Padang, beberapa waktu lalu. Foto Ist

Padang- Pihak Pemprovsu bakal memberikan hadiah tambahan dalam bentuk uang pembinaan dengan total mencapai Rp1 miliar untuk duta Sumut yang berprestasi di ajang MTQN XXVIII di Sumatera Barat (Sumbar).

Menurut Ketua II Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut, Palit Muda Harahap, hal itu telah disampaikan ke seluruh kafilah Sumut. Dana tersebut telah dianggarkan Pemprovsu melalui LPTQ Sumut untuk selanjutnya disalurkan kepada para kafilah berprestasi asal Sumut.

“Jika menjadi Juara I di MTQN ini, akan mendapatkan tambahan uang pembinaan sebesar Rp100 juta, Juara II Rp75 juta, dan Juara III Rp50 juta, begitu seterusnya hingga Juara Harapan III, di luar dari yang diberikan panitia MTQN XXVIII," ungkapnya usai mendampingi Kafilah Sumut bertanding, di Pemondokan Kafilah Sumut di Ibis Hotel Padang Jalan Taman Siswa Kota Padang, Selasa (17/11/2020).

Pada kesempatan itu, pihaknya berterima-kasih atas kepedulian sekaligus perhatian Gubsu Edy Rahmayadi kepada para qari-qariah, hafiz-hafizah dan mufassir-mufassir yang bertanding. Bahkan, menurutnya, dukungan tersebut telah diberikan Gubsu Edy saat menjabat sebagai Pangdam I/Bukit Barisan. Hal itu terlihat dari anggaran LPTQ Sumut, yang menurut Palit Muda, sudah sangat cukup dan mampu mengimbangi provinsi lainnya yang memiliki anggaran besar. 

"Biaya latihan juga sudah sangat memadai, sehingga tahun ini kita bisa memberikan yang terbaik untuk Sumatera Utara," harapnya.

Kendati demikian, Palit Muda mengingatkan para peserta agar tidak menjadikan uang sebagai motivasi utama bertanding di MTQN Padang. Sebaliknya, dijadikan ajang untuk memberantas buta baca Alquran sekaligus sarana pembelajaran dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Alquran.

Menanggapi iming-iming menggiurkan dari Pemprovsu, seorang Kafilah Sumut, Sri Wahyuningsih, justru belum berpikir ke arah itu. Ia justru mengaku lebih berfokus untuk memberikan yang terbaik.

“Untuk hadiah belum ada terpikirkan. Bisa tampil dengan baik saja sudah Alhamdulilah, karena ini adalah pengalaman pertama saya ikut MTQN,” sebut peraih Juara I Golongan Tilawah Dewasa Putri pada MTQN Tingkat Sumut, beberapa waktu lalu di Kota Tebingtinggi, ini. Dra


Komentar

Berita Terkini